Erabaru.net. Seorang filsuf berkata dengan bijak : “Hal-hal kecil adalah akar dari hal-hal besar, kekuatan dan kelemahan dari setiap pohon kehidupan itu dapat dilihat dari akarnya. Ketelitian menentukan nasib seseorang. Mereka yang hanya melihat hal-hal besar dan mengabaikan hal-hal kecil itu tidak akan dapat mencapai kesuksesan dalam karier.”

Chico (transliterasi-red), seorang bankir terkenal asal Perancis kerap mengingat masa lalunya, dan pengalamannya itu selalu membuat orang-orang yang mendengarnya merenung sekaligus kagum pada sosoknya.

Sejak masa sekolah, Chico bercita-cita menjadi seorang bankir.

Ilustrasi. (Internet)

Pada awalnya, dia memberanikan diri mencoba peruntungannya melamar di salah satu bank paling terkenal di Paris. Namun, dia membentur tembok alias gagal total. Tetapi anak muda ini tidak lantas putus asa, dia pergi ke bank lain dan lagi-lagi ditolak.

Beberapa bulan kemudian, Chico kembali lagi ke bank pertama tempatnya mengajukan lamaran, dan dia cukup beruntung, karena langsung bertemu dengan presiden bank terkait, tapi lagi-lagi ditolak.

Ketika dia melangkah keluar dari pintu bank, tiba-tiba dia melihat sebatang jarum di samping kakinya. Dia pun berpikir, orang-orang yang keluar masuk bank mungkin akan terluka oleh jarum pentul ini, kemudian pemuda itu membungkuk dan mengambil jarum tersebut, lalu dibuang ke tempat sampah di sebelahnya.

Ilustrasi. (Internet)

Sesampainya di rumah, Chico yang merasa lelah setelah sepanjang hari mengadu nasib di bank berbaring istirahat di tempat tidur.

Dia telah mengajukan 52 kali lamaran kerja, tetapi dia tidak memiliki kesempatan sekalipun untuk wawancara. Meski diombang-ambingkan oleh nasib. Keesokan harinya, Chico tetap tidak menyerah, ia ingin mencoba lagi peruntungannya.

Ketika dia hendak keluar dan mengunci pintu rumah, tanpa sengaja dia melihat sepucuk surat di kotak surat. Dia pun membuka sampul surat itu, dan ya Tuhan! Ternyata itu adalah surat pemberitahuan kerja dari bank terkenal itu.

Ternyata, ketika Chico mengambil jarum pentul dan membuangnya ke tempat sampah sebelumnya, kebetulan dilihat oleh presiden bank terkait.

Ilustrasi. (Internet)

Menurut presiden bank itu, bahwa orang yang cermat dan teliti adalah faktor yang mutlak dimiliki oleh calon pegawai bank, kemudian dia mengubah pandangan awalnya, dan memutuskan merekrut pemuda ini.

Berkat jarum pentul itu, Chico melangkah masuk ke pintu bank, dan berkat ketelitiannya terhadap hal yang sepele itu, perlahan-lahan, Chico pun menduduki posisi puncak di sektor perbankan di Perancis. Belakangan, dia menjadi bankir terkemuka di Perancis.

Hal-hal besar di dunia semuanya terbentuk dari hal-hal kecil dan tampak sepele, karena itu, jangan abaikan hal-hal sepele dalam perjalanan hidup Anda !(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds