Erabaru.net. Tahun ini, Taipei Veterans General Hospital, Taiwan, memperkenalkan teknologi baru untuk mengobati tumor hati ! Di masa lalu, sebagian besar tumor jinak dihancurkan dengan operasi ultrasonik. Namun, teknologi terkini sekarang dapat secara langsung “mematangkan tumor” dengan gelombang mikro untuk sepenuhnya menghancurkan sel kanker atau tumor yang dimiliki oleh pasien tanpa merusak jaringan lain yang sehat.

Pada akhir tahun lalu, seorang wanita 68 tahun mulai menjalani proses kemoterapi setelah membuang lesi pada saluran pankreas. Namun, setelah setengah tahun kemudian ditemukan metastasis hati, muncul tumor tunggal dengan diameter 2 cm.

Namun, setelah rumah sakit Taipei Veterans General Hospital menggunakan “Tumor microwave ablation”yang diperkenalkan baru-baru ini. Metode Microwave Ablasi ini mematangkan sel tumor dengan energi gelombang mikro, prinsip kerjanya sama seperti memasak telur, menghancurkan sel-sel tumor dengan energi panas, dan wanita itu sudah bisa turun dari tempat tidur 4 jam pasca operasi.

Di masa lalu, komunitas medis kebanyakan menggunakan ablasi frekuensi radio untuk tumor kecil yaitu, menghancurkan sel tumor dengan menghantarkan energi panas ke dalam hati. Namun, karena padatnya penyebaran pembuluh darah dalam hati, aliran darah dapat dengan mudah mengambil suhu pembakaran, sehingga tidak dapat menghancurkan sel kanker secara tuntas. Selain itu juga membutuhkan waktu yang lama, dan sangat rentan membuat pasien mengerang sakit selama proses tersebut.

Operasi pengangkatan dengan Metode Microwave Ablasi jenis baru ini dapat mencapai efek pemanasan, dan dapat meningkatkan suhu pembakaran dalam waktu singkat, mempersingkat waktu pengobatan, sehingga membuat pasien bisa sedikit merasa nyaman.

Xu Shaorong, dokter spesialis Gastroenterology and Hepatology di Taipei Veterans General Hospital, Taiwan menuturkan, bahwa setelah pengobatan dengan gelombang mikro, pasien sudah dapat beranjak dari tempat tidurnya dalam tempo 4 jam, dan setelah dipantau satu malam, sang pasien sudah boleh pulang keesokannya. Namun, tidak ada pembayaran asuransi kesehatan untuk terapi ini, sehingga dianjurkan, pasien yang belum menjalani operasi besar dalam waktu dekat masih dapat memilih operasi untuk proses pengobatan.

Teknologi medis terus berubah setiap harinya, dan metode dengan microwave ablation (MWA) ini juga mengejutkan banyak orang. Metode pengobatan yang cepat dan efektif ini benar-benar merupakan kabar baik bagi masyarakat!(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds