Erabaru.net. Sungguh tak disangka sprinter asal Indonesia, Lalu Muhammad Zohri sebagai pemenang lari 100 meter putra untuk juara dunia U-20 yang digelar di Finlandia.

Sprinter asal Nusa Tenggara Barat ini mengalahkan sprinter asal Amerika Serikat, yakni Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang hanya mencatatkan perolehan waktu 10,22 detik.

Sedangkan Zohri sukses sebagai juara dalam waktu 10,18 detik.

Apa yang diraih oleh Zohri mengubah segalanya atas prestasi Indonesia. Situs resmi Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF) Rabu (11/07/2018) mencatatkan selama 32 tahun sejarah ajang kejuaran tersebut digelar, penampilan terbaik atlet Indonesia hanya finis pada posisi ke-8 pada kejuaraan 1986 silam.

“Lalu Muhammad Zohri becomes the first Indonesian ever to win any medal of any kind at these championships#IAAFworlds,” demikian ditulis IAAF.

Atas prestasi yang diraihnya, Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat atas rekor atlet Indonesia yang dipecahkan oleh Zohri.

“Berlomba bukan sebagai unggulan, Lalu Muhammad Zohri membuktikan: Indonesia bisa memberi kejutan. Ia JUARA DUNIA lari 100 meter di kejuaraan dunia atletik IAAF U-20 di Finlandia, kemarin. Selamat untuk prestasi yang membanggakan!,” tulis Jokowi dalam akun twitternya.

Sehubungan dengan itu, Kemenpora melalui pernyataan langsung Menpora Imam Nahrawi telah menyampaikan kegembiraan dan apresiasi yang sangat tinggi kepada sprinter muda yang saat ini masih menjadi pelajar Klas III  PPLP (Pemusatan Pendidikan Latihan dan Pelajar) binaan Kemenpora di NTB.

Sebelum ini pada bulan April 2018, Zohri sempat mengikuti latihan di AS. Untuk itu Menpora menurut rencana akan menyambut langsung kedatangan sang juara tersebut di Bandara Soekarno Hatta pada 17 Juli 2018 malam. Informasi  waktu kedatangan tersebut telah diperoleh langsung dari Sekjen PASI dan juga KBRI di Helsinki. 

Saat ini Dubes RI untuk Finlandia Wiwiek S Firman sudah berada di kota Tampere (sekitar 2,5 jam perjalanan dari Helsinki) untuk bersama-sama dengan seluruh jajaran KBRI dan Tim Indonesia mendampingi Zohri ketika pada sekitar jam 21.20 WIB (17.20 waktu setempat) akan menerima pengalungan medali emas dan menyaksikan penaikan bendera Merah Putih dan mendengarkan (dan bahkan turut menyanyikan) lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Untuk itu, Kemenpora menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pimpinan dan seluruh jajaran KBRI di Helsinki yang sejak kedatangan Tim Indonesia hingga saat pertandingan Tim Indonesia di Kejuaraan Atletik Dunia Yunior ini telah memberikan fasilitasi dan bantuan yang luar biasa.

Sebagai bentuk apresiasi, Menpora nantinya selain akan menyambut langsung di Bandara, juga akan memberikan suatu bonus khusus dan juga dimungkinkan akan mengusulkan untuk diagendakan dapat mendampingi Zohri untuk dapat diterima Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

“Ini penting tidak hanya sebagai bentuk apresiasi Presiden RI, juga sebagai pemacu semangat menjelang perhelatan Asian Games 2018 agar seluruh atlet Indonesia makin bersemangat untuk berprestasi di Asian Games dan bahkan juga di Asian Para Games 2018,” demikian rilis Kemenpora. (asr)

Share

Video Popular