- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Serangga Penyebar ‘AIDS Jenis Baru’ yang Membawa Kematian di Guangdong, Tiongkok

Erabaru.net. Pusat pengendalian penyakit di Provinsi Guangdong, Tiongkok, telah mengeluarkan pemberitahuan yang mendorong masyarakat untuk menangkap serangga atau kutu tertentu yang diyakini dapat menyebarkan penyakit yang dikenal sebagai ‘AIDS jenis bari’.

Serangga triatomine atau lebih dikenal sebagai ‘kissing bugs’ karena perilakunya yang menggigit wajah manusia diduga membawa sejenis parasit yang dikenal sebagai Trypanosoma cruzi. Efek dari serangan parasit ini dapat menyebabkan penyakit Chagas yang berdampak pada kematian.

[1]
(Foto: The Tico Times)

Beberapa gejala yang akan dialami jika terinfeksi Chagas adalah demam, kelelahan, nyeri tubuh, sakit kepala dan ruam gatal. Infeksi ini juga akan menetap (tidak aktif) selama beberapa dekade sebelum akhirnya mengarah ke komplikasi jantung atau usus.

[2]
(Foto: Caller Times)

Dalam artikel lain, pusat pengendalian penyakit Guangdong telah memberi tahu publik untuk segera menemukan serangga dan melaporkan ke pusat jika mereka menemukannya. Orang yang menemukan serangga tersebut akan dihargai dengan 8 yuan (sekitar 17 ribu rupiah) per serangga serta konsultasi medis gratis.

[3]
(Foto: Science Line)

Namun, hingga kini, tidak ada laporan penyakit Chagas yang dilaporkan pada saat yang sama membuat orang-orang terutama di Guangzhou merasa lega dan sedikit tenang. Pusat pengendalian penyakit juga menyatakan bahwa tujuan mereka adalah mengumpulkan sampel untuk menyelidiki apakah serangga itu membawa virus.

Chagas atau ‘AIDS jenis baru’ dikatakan mampu menyebarkan penyakit melalui infeksi dari serangga yang menggigit dari satu wajah ke wajah yang lain. Yang lebih mengejutkan, penyakit ini juga bisa ditularkan melalui darah dan mempengaruhi bayi di dalam rahim.

[4]
(Foto: Med Bullets)

Menurut laporan Global Times, serangga jenis ini tidak hanya dapat ditemukan di Amerika Selatan tetapi juga Asia, Afrika dan Australia. Pada tahun 2016, seseorang dilaporkan digigit oleh serangga di Foshan, Guangdong.(yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi: