Erabaru.net. Dengan alasan agar tetap bersih dan higienis, umumnya sebagian besar kaum wanita selalu menyeka miss v-nya dengan tisu setiap usai buang air kecil, tapi tahukah Anda menyeka bagian sensitif itu juga ada caranya!

Baru-baru ini, dalam sebuah program yang disiarkan secara live di stasiun TV NHK, Jepang, seorang dokter kandungan setempat menyebutkan, bahwa menyeka dari depan ke belakang atau sebaiknya adalah cara yang keliru.

Menurutnya, cara yang yang benar adalah cukup tempelkan dengan tisu sekitar 5 – 10 detik di daerah sensitif. Penjelasannya ini menjungkirkan pandangan kaum wanita di masa lalu yang terbiasa menyeka miss v-nya dari depan ke belakang atau sebaliknya seusai buang air keci.

Sehubungan dengan ini, dokter spesialis kandungan Taiwan menuturkan, bahwa tidak masalah baik menyeka dari depan ke belakang atau “tempelkan sebentar di vagina” beberapa detik usai buang air kecil.

Program TV NHK “Asaichi”, mengulas tentang tatacara yang benar menyeka miss v wanita seusai buang air kecil.

Wanita pada umumnya terbiasa menyeka dari depan ke belakang setelah buang air kecil, untuk mencegah bakteri masuk ke dalam uretra, dan menyebabkan peradangan. Namun, Maki Nakata, dokter spesialis kandungan dan kebidanan dari Mitsui Memorial Hospital, Jepang, mengatakan bahwa baik menyeka dari depan ke belakang atau sebaliknya dari belakang ke depan, itu adalah cara yang salah.

Cara yang benar adalah menempel dan diamkan sekitar 5-10 detik di “(lubang) saluran kencing” dengan tisu, biarkan urin diserap tisu, karena tisu basah yang cenderung mudah robek dan sangat rapuh sehingga jika dipakai untuk mengusap organ vital, maka tisu pun akan segera hancur. Dan yang menjadi masalah adalah, serpihan dari tisu itu nantinya akan bercampur dengan keputihan sehingga bisa menyebabkan masalah, khususnya masalah kulit pada organ vital perempuan nantinya.

Maki Nakata, dokter spesialis kandungan dan kebidanan mengatakan, cukup tempelkan tisu sekitar 5-10 detik di lubang saluran kencing seusai buang air kecil. (youtube)

Sehubungan dengan itu, “health.ettoday” juga berkonsultasi dengan dr. spesialis kandungan Yang Pengsheng, direktur di Junwei Obstetrics and Gynecology Clinic, Taipei, Taiwan.

Menurutnya, “Tidak masalah baik menyeka dari depan ke belakang atau “tempelkan sebentar di vagina” beberapa detik usai buang air kecil.”

Tapi jangan menyeka dari belakang ke depan, atau menyeka bolak balik dari ke depan dan belakang. Karena anus berada di belakang, sementara saluran kencing dan vagina berada di depan, sehingga akan membuat bakteri dari anus masuk ke bagian organ genital.

Selain kurang bersih, pemakaian tisu toilet yang agresif diketahui bisa menyebabkan luka pada bagian anal. Sementara itu infeksi saluran kemih terjadi karena proses pembasuhan yang salah,

Selain cara menyeka yang benar usai buang air kecil, kaum wanita juga harus memperhatikan beberapa poin berikut dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan organ intimnya :

  1. Jangan menahan air kencing, biasakan minum air yang banyak untuk buang air kecil.
  2. Perhatikan kebiasaan higienis selama berhubungan intim, hubungan intim yang aman dan tindakan perlindungan lainnya.
  3. Hindari mandi berendam, cobalah menggunakan shower, dan jangan membersihkan vagina dengan sabun dan hindari juga pemakaian cairan pewangi berbahan kimia.
  4. Ganti pakaian dalam sesering mungkin dan pilih bahan katun murni atau bahan celana yang mudah menyerap keringat, mencegah timbulnya jamur, serta membuat vagina Anda lebih mudah untuk ‘bernapas’.

 

Jika ada ketidaknyamanan pada bagian intim, sebaiknya segera konsultansikan dengan dokter terkait.

Tak hanya pakaian dalam, pakaian luar juga harus dipertimbangkan untuk menjaga area vital tetap bisa bernapas.

Hindari pakaian yang menyulitkan sirkulasi udara, terlalu ketat, dan panas. Sebaiknya, pakailah celana dalam dari katun dan pakaian longgar untuk menjaga area pribadi Anda tetap kering dan segar.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds