Erabaru.net. Jika kita mengatakan merokok tidak baik untuk kesehatan, semua orang suda tahu, tapi masih banyak yang tidak peduli dan terus merokok dan membahayakan kesehatan mereka sendiri. Dan mereka juga tidak peduli bawah itu membahayakan kesehatan orang lain juga. Namun, saran ini perlu dilanjutkan, berhenti merokok demi kesehatan diri sendiri dan orang lain.

Menjalani hidup yang berkualitas tanpa rokok tentu merupakan cara terbaik bagi perokok untuk mengubah kebiasaan buruknya. Tetapi bagaimana mereka bisa berhenti merokok? Jika mereka tidak tahu manfaatnya, tidak ada nasihat yang berguna bagi mereka.

(Foto : Frontier Blog)

Berikut Ini adalah manfaat bagi seorang perokok ketika mereka berusaha keras untuk berhenti merokok.

1. Dapat bernapas lebih baik, mudah dan nyaman

Ketika seseorang berhenti merokok, napasnya menjadi lebih mudah. Ini karena seseorang akan semakin berkurang mendapat batuk dan masalah paru-paru ketika asap rokok tidak lagi mengganggu kapasitas paru-paru untuk memudahkan pernapasan. Setelah Anda berhenti merokok selama 9 bulan dan lebih, kapasitas paru-paru Anda akan meningkat hingga 10%.

Setelah usia seseorang semakin bertambah kemampuan paru-paru untuk berfungsi secara alami akan menurun. Penting bagi seseorang untuk merawat paru-paru karena usia bertambah dengan tanpa merokok dan menjalankan gaya hidup sehat.

(Foto: Depositphotos)

2. Anda akan lebih bertenaga

Dalam waktu 2 hingga 12 minggu setelah berhenti merokok, Anda akan dapat merasakan perubahan dalam tubuh ketika sistem peredaran darah telah mampu berjalan dengan lancar dan tingkat kesehatan menjadi lebih baik. Melakukan aktivitas fisik seperti berjalan menjadi semakin mudah.

Sistem kekebalan tubuh juga meningkat ketika Anda berhenti merokok dengan makan makanan sehat, Anda akan dapat melawan penyakit yang mudah menyerang seperti batuk, flu dan pilek. Dengan sistem sirkulasi yang baik, kelelahan dan sakit kepala juga akan berkurang. Dan Anda merasa lebih energik dan bahagia.

3. Stres akan semakin berkurang

Jika Anda berpikir bahwa merokok akan menghilangkan stres, persepsi Anda salah. Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa tingkat stres seseorang akan lebih rendah setelah mereka berhenti merokok.

Ini karena setelah berhenti merokok, mereka akan mencari alternatif lain untuk menghilangkan tekanan atau stres seperti melakukan aktivitas yang menyenangkan atau mencari hiburan yang sehat dan berpartisipasi dalam kegiatan spiritual. Mereka akan mengatakan cara ini lebih baik dalam menghadapi tekanan dan stres daripada merokok.

(Foto: Shutterstock)

4. Meningkatkan kesuburan

Wanita yang tidak merokok lebih mungkin untuk hamil. Jika seorang wanita berhenti merokok, itu akan meningkatkan lapisan rahim dan mengurangi risiko keguguran. Untuk pria kualitas sperma mereka lebih baik ketika mereka berhenti merokok.

Yang lebih penting, itu meningkatkan kemungkinan kehamilan dan kelahiran bayi yang sehat. Bayi yang terpapar asap rokok akan berisiko tertular penyakit berbahaya seperti asma.

5. Meningkatkan indera perasa dan penciuman

Ketika Anda berhenti merokok, indera penciuman dan rasa akan mendapatkan stimulus yang lebih sensitif dan meningkat. Anda mungkin menyadari bahwa nafsu makan dan bau meningkat ketika mulut dan hidung Anda telah terlepas dari cengkeraman bahan kimia dan racun yang ditemukan dalam sebatang rokok yang dihisap.

(Foto: theconversation.com)

6. Paras terlihat menjadi lebih muda dan sehat

Dengan berhenti merokok, itu akan memperlambat proses penuaan dan mengurangi keriput di wajah. Ya, kita semua akan menjadi tua tetapi kita harus tua pada usia yang tepat. Tidak di usia 20-an atau 30-an, wajah terlihat seperti 40-an atau 50-an.

Kulit seorang yang tidak merokok mengandung kandungan oksigen yang lebih tinggi daripada kulit seorang perokok. Oleh karena itu, wajah seorang non-perokok menjadi lebih cerah dan segar dari wajah seorang perokok yang masam dan lesu. Penting bagi seseorang untuk berhenti merokok untuk mendapatkan tampilan yang lebih muda dan sehat.

7. Gigi lebih putih dan bau napas segar

Ketika Anda berhenti mengonsumsi tembakau, itu akan dapat mengurangi karang gigi dan menemukan bahwa napas terasa lebih segar. Risiko terkena penyakit gusi dan kehilangan gigi secara bertahap juga akan berkurang.

(Foto: accentdentureservice.com)

8. Harapan hidup yang lebih panjang

Secara jelas diketahui, seorang perokok berat berisiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker paru-paru dan bronchitis yang bisa membawa maut.

Pria yang berhenti merokok pada usia 30 tahun akan menambah 10 tahun dalam hidup mereka. Seseorang yang dapat mengatasi kebiasaan merokok pada usia hingga 60 tahun, itu akan menambah harapan hidup 3 tahun lebih lama.

Belum terlambat untuk berhenti merokok sekarang. Ketika berhenti merokok, itu tidak hanya meningkatkan harapan hidup, tetapi juga memungkinkan Anda untuk hidup sehat di usia tua yang bebas penyakit dan merasa lebih bahagia.

(Foto: kupunawiki.com)

9. Rumah bebas rokok untuk melindungi orang yang Anda cintai

Dengan berhenti merokok, Anda akan melindungi kesehatan keluarga yang Anda cintai atau teman-teman Anda.

Asap rokok bisa menjadi risiko bagi orang-orang di sekitar Anda juga yang kemungkinan menderita kanker paru-paru, penyakit jantung dan stroke.

Sedangkan untuk anak-anak yang terpapar asap rokok akan berisiko mengalami sesak napas, nyeri dada, pneumonia, infeksi telinga dan asma. Anak-anak yang hidup dengan seorang perokok berisiko 3 kali menderita kanker paru-paru setelah mereka tumbuh dewasa, dibandingkan dengan anak-anak yang tinggal di rumah-rumah bebas rokok.

(Foto: Hindustan Times)

Mungkin ada di antara Anda yang akan menghindari info ini sekali lagi dan melanjutkan kebiasaan merokok Anda. Namun sebelum terlambat, hentikan kebiasaan merokok yang terbukti membahayakan kesehatan. Dan banyak manfaat ketika Anda meninggalkan kebiasaan itu.(yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular