Erabaru.net. Aspek higienis merupakan sesuatu yang sangat penting, terutama ketika melibatkan makanan. Misalnya, jika kita ingin memasak daging, maka hal pertama yang akan kita lakukan adalah mencuci daging mentah terlebih dahulu. Mungkin Anda berpikir bahwa daging mentah yang telah dibersihkan bebas dari kotoran dan bakteri. Itu yang bisa dilihat melalui mata telanjang. Apakah kamu yakin?

(Foto : Don’t Wash Your Chicken! Germ-Vision Animation/Youtube)

Sebenarnya, mencuci daging mentah kita tidak ‘membersihkan’ sepenuhnya. Bahkan, Anda tidak disarankan untuk melakukan hal tersebut oleh Departemen Pertanian AS. Ini karena, bakteri tidak bisa dibersihkan dengan cuci air yang banyak dan kemudian membilasnya. Itu sebabnya kita mandi dengan sabun, hal yang sama jika kita mencuci tangan. Tapi, tidak mungkin kalau kita mencuci daging mentah dengan sabun? Jangan!

Ini tidak hanya mendorong pertumbuhan dan pembiakan bakteri, karena jika Anda mencuci daging ayam misalnya, ‘campylobacter’ akan menyebar! Campylobacter adalah jenis bakteri yang sering menjadi sumber keracunan makanan di dunia – kasus tertinggi ada di Inggris.

Di antara gejala keracunan makanan termasuk sakit perut, diare berat dan muntah. Jika lebih buruk, seseorang dapat mengalami masalah dengan usus besar dan Sindrom Guillain-Barre Syndrome (yang mempengaruhi saraf). Rata-rata, setiap dua ekor ayam di supermarket telah terinfeksi bakteri tersebut.

Cara mengatasinya adalah:

# 1 Jangan mencuci daging mentah

(Foto: Tupperware Brands)

Memang aneh aneh kedengarannya, tapi itulah kenyataannya. Hanya sedikit air yang mampu menyebarkan campylobacter. Jangan khawatir tentang makan makanan yang tidak dicuci atau kotor karena suhu tinggi saat memasak akan membunuh bakteri.

# 2 Tutup daging mentah di dalam kulkas

Simpan dan letakkan daging mentah dalam wadah yang dirancang khusus saat menyimpannya di kulkas dan jangan lupa untuk memberinya label. Pastikan tetap tertutup agar bisa mencegah kontaminasi makanan lain.

# 3 Cuci semua yang bersentuhan dengan daging mentah

Apa pun yang digunakan di dapur untuk menangani daging (tangan, mangkuk, papan pemotong, pisau, dan sebagainya) harus dibersihkan secara menyeluruh untuk menghilangkan campylobacter. Gunakan sabun dan air hangat.

# 4 Masak sepenuhnya

Daging ayam terutama perlu dimasak 100%. Pastikan tidak ada bagian yang masih mentah dan merah muda. Ayam matang sepenuhnya jika mencapai suhu 75 ° C.

Itu sedikit panduan untuk mencegah Anda, keluarga dan teman-teman dari terinfeksi bakteri, serta mencegah paparan keracunan makanan.(yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular