Erabaru.net. Pernahkah Anda memperhatikan bahwa Anda merasa lebih baik saat berada di sekitar peliharaan Anda? Menghabiskan waktu berkualitas dengan anjing, kucing, atau hewan lain dapat memiliki dampak positif pada suasana hati Anda.

Tetapi tahukah Anda bahwa memiliki hewan peliharaan juga dapat memiliki manfaat kesehatan potensial, baik secara mental dan fisik, bagi Anda dan keluarga Anda?

Ada bukti ilmiah yang memuji beberapa manfaat kesehatan memiliki hewan peliharaan. Lihatlah bagaimana tujuh cara memiliki hewan peliharaan ini sangat baik untuk kesehatan Anda.

1. Kebugaran fisik

Memiliki hewan peliharaan mengarah ke gaya hidup yang lebih aktif. Bermain dengan anjing dan mengajaknya untuk berjalan, mendaki, atau berlari adalah cara yang menyenangkan dan bermanfaat untuk menyesuaikan latihan ke dalam jadwal Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pemilik anjing jauh lebih mungkin untuk memenuhi kebutuhan latihan harian mereka daripada non-pemilik.

Satu studi menemukan bahwa berjalan dengan anjing yang kelebihan berat badan membantu baik hewan dan pemiliknya menurunkan berat badan (11 hingga 15 pon). Para peneliti menemukan bahwa anjing memberikan dukungan dengan cara yang mirip dengan teman latihan manusia, tetapi dengan konsistensi yang lebih besar dan tanpa pengaruh negatif.

Bermain dengan anjing dan mengajaknya untuk berjalan, mendaki, atau berlari adalah cara yang menyenangkan dan bermanfaat untuk menyesuaikan latihan ke dalam jadwal Anda. (Foto: pixabay / CC0 1.0)

2. Menurunkan tekanan darah

Sebuah laporan dari Harvard Medical School menemukan bahwa pemilik anjing memiliki tekanan darah lebih rendah daripada non-pemilik – mungkin karena hewan peliharaan mereka memiliki efek yang menenangkan. Kekuatan sentuhan juga tampaknya menjadi bagian penting dari “efek hewan peliharaan”. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah menurun ketika seseorang memelihara anjing atau kucing.

3. Kurangi stres

Cukup berada di ruangan yang sama dengan hewan peliharaan Anda dapat memiliki efek yang menenangkan. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki hewan peliharaan benar-benar mengalami lebih sedikit reaktivitas kardiovaskular selama masa stres.

Selama situasi yang penuh tekanan, detak jantung pemilik hewan peliharaan dan tekanan darah cenderung meningkat lebih sedikit dan mereka kembali ke tingkat normal lebih cepat daripada rekan-rekan pemilik non-peliharaan mereka.

Ini karena neurokimia yang kuat, oksitosin, dilepaskan ketika kita bersama dengan hewan pendamping kita, yang membawa perasaan gembira. Ini juga disertai dengan penurunan kortisol, hormon stres.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki hewan peliharaan benar-benar mengalami lebih sedikit reaktivitas kardiovaskular selama masa stres. (Foto: pixabay / CC0 1.0)

4. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Kepemilikan hewan peliharaan, terutama anjing, mungkin terkait dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Pada 2013, American Heart Association meninjau penelitian sebelumnya tentang bagaimana hewan peliharaan memengaruhi kesehatan manusia dan menemukan bahwa memiliki hewan peliharaan dikaitkan dengan faktor risiko penyakit jantung yang lebih sedikit dan peningkatan kelangsungan hidup di antara pasien.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal Circulation. Ini tidak berarti bahwa ada sebab dan akibat yang jelas antara keduanya. Tetapi itu berarti bahwa kepemilikan hewan peliharaan dapat menjadi bagian yang wajar dari strategi keseluruhan untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida

Ada beberapa bukti bahwa memiliki anjing dikaitkan dengan kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih rendah. Sebuah penelitian besar yang berfokus pada pertanyaan ini menemukan bahwa pemilik anjing memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih rendah daripada non-pemilik dan bahwa perbedaan ini tidak dapat dijelaskan dengan diet, merokok, atau indeks massa tubuh (BMI). Namun, alasan perbedaan ini masih belum jelas.

6. Dukungan sosial

Hewan peliharaan membantu menciptakan persahabatan manusia dan masyarakat, yang keduanya baik untuk kesehatan jangka panjang. Pemilik hewan peliharaan lebih cenderung daripada pemilik non-peliharaan untuk mengenal orang-orang di lingkungan mereka yang belum mereka kenal sebelumnya.

Pemilik anjing, dan lebih khusus lagi bagi mereka yang membawa anjing mereka, juga jauh lebih mungkin dilaporkan berteman dengan seseorang yang mereka temui melalui koneksi yang berhubungan dengan hewan peliharaan atau mendapatkan dukungan sosial dari mereka.

7. Tingkatkan mood Anda

Saat Anda tiba di rumah untuk mendengkur atau mengibaskan ekor di akhir hari yang penuh tekanan, gelombang tenang yang tiba-tiba Anda rasakan bukan hanya imajinasi Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa teman berbulu Anda benar-benar baik untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Hewan peliharaan sering memberikan penerimaan dan cinta tanpa syarat dan mereka selalu ada untuk Anda.(yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular