Erabaru.net. Orang asing sering terpesona oleh obsesi orang Tiongkok dengan cara mereka meminum air hangat. Bahkan ketika suhu panas membakar, kebanyakan orang Tiongkok lebih suka minum air hangat daripada dingin. Untuk memahami praktik ini, kita harus melihat pengetahuan medis Tiongkok kuno.

Kebiasaan kesehatan orang Tiongkok

Sistem medis Tiongkok kuno telah lama berpandangan bahwa meminum air panas baik untuk kesehatan. Bahkan, orang disarankan untuk minum segelas air hangat di pagi hari untuk memicu proses pencernaan mereka. Saat makan, air dingin dilarang keras karena makanannya disajikan panas.Tambahnya, mengonsumsi barang-barang dari dua suhu yang berlawanan dianggap buruk bagi tubuh. Di sisi lain, air dingin dikatakan memperlambat fungsi organ-organ internal. Ini juga salah satu alasan mengapa minum air hangat disarankan oleh Pengobatan Tradisional Tiongkok.

Manfaat minum air hangat

Minum air hangat secara ilmiah telah terbukti sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Manfaat pertama adalah mempermudah pencernaan. Kehangatan air memicu saluran pencernaan, melumasinya dengan cukup baik sehingga seluruh proses pencernaan berjalan lancar.

Dan karena air hangat, sangat baik untuk menguraikan makanan di dalam saluran pencernaan sambil membantu membuang kotoran. Sebaliknya, minum air dingin selama makan hanya akan menyebabkan pengerasan minyak yang ada dalam makanan, sehingga membuka jalan bagi timbunan lemak di sepanjang usus.

Sistem kesehatan Tiongkok telah lama berpandangan bahwa meminum air hangat baik untuk kesehatan. (Gambar: pixabay / CC0 1.0)

Bagi orang yang menderita hidung tersumbat, air hangat lagi-lagi adalah teman. Penumpukan lendir akan menciptakan sakit tenggorokan yang menjengkelkan. Dengan meminum air hangat, sakit tenggorokan bisa dipermanis. Plus, jika orang tersebut menderita sinus atau sakit kepala, mereka hanya perlu menghirup uap air panas untuk beberapa bantuan.

Bagi orang yang menderita masalah dengan sirkulasi darah, minum air hanggat pasti akan membantu mereka mengatasi masalah ini. Karena kehangatan air, timbunan lemak di tubuh larut dan dihilangkan. Racun yang beredar di tubuh juga keluar. Sebagai akibatnya, aliran darah akan membaik.

Manfaat besar dari meminum air hangat yang sangat sedikit yang dibicarakan oleh para ahli gizi adalah bahwa hal itu dapat membantu menurunkan berat badan. Jika Anda merencanakan diet, pertimbangkan untuk meminum secangkir air hangat di pagi hari. Ini akan menaikkan suhu tubuh, bersama dengan laju metabolisme. Akibatnya, tubuh membakar lebih banyak kalori. Selain itu, ginjal juga akan berfungsi lebih baik jika Anda meminum air hangat.

Manfaat besar dari meminum air hanggat yang sangat sedikit yang dibicarakan oleh para ahli gizi adalah bahwa hal itu dapat membantu menurunkan berat badan. (Gambar: via pixabay / CC0 1.0)

Dan bagi mereka yang terobsesi untuk memerangi penuaan, cobalah minum air hangat jika memungkinkan. Karena air hangat diketahui dapat mengeluarkan racun dari tubuh, kualitas tubuh meningkat. Plus, itu juga mempromosikan elastisitas kulit. Akhirnya, orang-orang akan dapat mempertahankan wajah yang lebih muda dengan memilih minum air hangat daripada dingin.

Mengingat begitu banyak manfaat meminum air hangat, seharusnya mudah dimengerti mengapa mengikuti kebiasaan seperti itu akan berkontribusi pada tubuh yang lebih sehat. Orang Tiongkok dikenal suka minum air hangat di pagi hari dan 20 menit sebelum makan. Dan itu adalah sesuatu yang Anda pasti harus mencoba untuk kesehatan yang lebih baik.(yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular