Erabaru.net. Mengapa sebagian besar biarawan Jepang menjalani kehidupan yang panjang? Salah satu rahasianya adalah mereka minum matcha, teh bubuk hijau yang dibuat khusus dengan sejarah ratusan tahun. Matcha berasal dari Dinasti Sui di Tiongkok (581-619 M) dan menyebar ke Jepang pada abad ke-12.

Berikut ini beberapa manfaatnya.

Anti penuaan

Matcha kaya akan anti-oksidan, memiliki 10 kali lebih banyak daripada jumlah yang ditemukan dalam teh hijau biasa. Menurunnya kerusakan oksidatif di dalam tubuh dianggap sebagai salah satu kunci untuk memperlambat proses penuaan dan memperpanjang umur.

Menghilangkan racun

Warna hijau cemerlang matcha berasal dari klorofil. Ketika dikonsumsi dalam diet, klorofil umumnya diketahui dapat membantu tubuh membangun sel darah merah. Studi juga menunjukkan bahwa klorofil dapat membantu membersihkan tubuh dari racun dan melindungi hati.

Warna hijau cemerlang matcha berasal dari klorofil. (Foto: NuCastiel Flickr via Compfight cc)

Mencegah kanker

Klorofil yang ditemukan di matcha mengikat karsinogen dan mengganggu penyerapannya. Konsumsi teh hijau telah dikaitkan dengan terjadinya kanker esofagus yang lebih rendah dan risiko lebih rendah untuk kanker lambung, pankreas, dan kolorektal.

Menurunkan berat badan

Secangkir matcha hampir tidak terkandung kalori, dan catechin, salah satu senyawa anti-oksidan yang ditemukan dalam matcha, telah terbukti mempercepat metabolisme tubuh yang menghasilkan peningkatan pembakaran lemak dan penurunan berat badan.

Meningkatkan energi dan stamina

Matcha mengandung kafein, yang memberikan dorongan energi, tetapi ketika Anda minum matcha, Anda mengonsumsi seluruh daun teh, sehingga kafein terikat pada polifenol teh. Ketika tubuh Anda memecah ikatan ini selama pencernaan, kafein secara perlahan dilepaskan, meningkatkan energi dan stamina Anda.

Efek menenangkan

L-theanine yang ditemukan di matcha mempromosikan keadaan menjadi santai dan waspada pada saat yang bersamaan. Telah terbukti bermanfaat bagi orang-orang yang berurusan dengan kecemasan karena kemanjurannya dalam menghilangkan stres.

Matcha memiliki efek yang menenangkan dan memberi energi. (Foto: Pixabay)

Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Fungsi lain dari katekin di matcha adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Temuan laboratorium menunjukkan bahwa ia dapat memblokir reseptor sel kunci yang terlibat dalam respons alergi, sehingga juga dapat bermanfaat bagi penderita alergi.

Mempromosikan kesehatan lambung

Matcha mengandung sejumlah besar serat, yang membantu mengendalikan rasa lapar dengan memberikan perasaan kenyang. Ini juga mempromosikan keteraturan usus dan kesehatan pencernaan.

Menurunkan kolesterol dan gula darah

Minum matcha dapat menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik). Konsumsi teh hijau telah terbukti mengurangi risiko terkena diabetes dan menurunkan gula darah.

Mencegah penyakit gusi dan osteoporosis

Senyawa yang ditemukan dalam matcha memiliki efek anti-bakteri, jadi meminumnya dapat memiliki efek positif pada kesehatan mulut. Katekin dalam matcha dianggap untuk melindungi kepadatan tulang dengan mendukung pembentukan tulang baru dan dengan memblokir pemecahan tulang yang ada, sehingga mencegah osteoporosis.(yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular