Washington DC – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump kembali mengutuk perilaku PKT terkait perselisihan dalam perdagangan. Trump mengatakan bahwa komunis Tiongkok berusaha untuk mendesaknya.

“PKT mendesak saya melalui menekan kaum petani AS. Ini adalah cara yang jahat!” Trump mengatakan dalam akun Twitter, Rabu (25/7/2018) waktu setempat.

“Kaum petani yang saya cintai dan hormati, menjadi target (tekanan) Tiongkok (PKT) dengan maksud agar mereka dapat terus mengambil keuntungan dari AS. Tindakan mereka yang ditakdirkan akan gagal itu adalah cara yang jahat. Hingga saat ini kita masih bersikap baik (terhadap mereka)! Tiongkok tahun lalu saja telah memperoleh (keuntungan) 517 miliar dolar AS dari (perdagangan dengan) kami.”

Hari Selasa (24/7/2018), Departemen Pertanian AS menyebutkan bahwa pihaknya akan menyediakan dana 12 milyar dolar AS untuk mendukung petani dan peternak AS yang terkena dampak kenaikan tarif. Awal bulan ini, Beijing memberlakukan tarif 25 persen pada kedelai AS. Tiongkok adalah salah satu negara yang paling banyak mengimpor kedelai AS.

Trump tampaknya sedang mengkritik para pejabat AS yang memiliki sikap meredakan atau berkompromi dengan PKT. Dia menulis pesannya dalam tweet lain pada hari Rabu, “Setiap kali saya melihat politisi lemah yang menuntut untuk menghentikan negosiasi perdagangan atau (menghentikan) menggunakan kenaikan tarif untuk melawan pengenaan tarif yang tidak adil, Saya pikir, apa yang mereka pikirkan?”

“Ketika lawan negosiasi ingin bersaing dengan Anda dan menggunakan cara mengulur waktu untuk mencapai kesepakatan, hasil negosiasi semacam ini tidak akan pernah lebih baik daripada jika negosiasi dilakukan (kedua pihak) dengan cara semestinya,” sambungnya.

Kementerian Pertanian AS akan memberikan petani serangkaian program bantuan. Itu termasuk pemberian bantuan langsung kepada produsen tertentu, serta beberapa barang melalui distribusi bank makanan. Di samping itu, pemerintahan Trump juga akan membantu mereka membuka pasar internasional yang baru.

Suara Amerika melaporkan bahwa penerima bantuan akan termasuk petani kedelai, peternak sapi perah dan produsen daging babi. Langkah-langkah yang diumumkan pada hari Selasa itu diperkirakan akan berlaku sebelum Hari Buruh pada 3 September 2018.

Pada bulan April tahun ini, Presiden Trump telah menginstruksikan Menteri Pertanian Sonny Perdue untuk mengambil langkah-langkah melindungi petani. “Petani kita adalah patriot yang hebat,” ujarnya. (Xu Jian/ET/Sinatra/waa)

Simak juga, Pengakuan Dokter yang Dipaksa Panen Organ Hidup :

Share

Video Popular