Oleh : Chen Bainian

Prinsip Pengobatan Kebijaksanaan Jernih Sinshe Wen Bingrong

Bicara penyebab seseorang menderita penyakit, seorang dokter PTT (Pengobatan Tradisional Tiongkok, Red.) bernama Wen Bingrong mengatakan, “Data di klinik saya menunjukkan, dari semua pasien yang datang berobat, sebanyak 80% adalah dikarenakan persoalan rumah tangga yang tidak harmonis, dan dari 80% itu, sebanyak 90% adalah akibat tidak harmonisnya hubungan suami dengan istri.”

Perasaan (emosi) Picu Timbulnya Berbagai Penyakit

Wen Bingrong berkata, “…. Setiap orang dari kita memiliki perasaan. Manusia bisa sakit, pada umumnya adalah akibat perasaan itu. Seorang manusia pasti memiliki perasaan (emotion), siapa pun tidak bisa melewati hambatan berupa perasaan ini.”

“Perasaan, tidak bisa diputus, lebih kacau bila coba diluruskan, dua huruf Mandarin yakni kata ‘我’ (wo, artinya saya) dengan kata ‘找’ (zhao, artinya mencari) hanya beda satu goresan, karena tidak bisa menemukan diri sendiri, sehingga berdampak pada tubuhnya… setiap pikiran dan niat kita adalah perasaan, suka tidak suka dan semua hal terbenam dalam perasaan itu.”

Dalam kitab “Huangdi Neijing” (The Inner Canon of the Yellow Emperor)” disebutkan: “Jiwa manusia adalah penguasa terhadap perasaan maupun tubuhnya. Ketika manusia terjerumus kedalam ‘tujuh perasaan – enam nafsu’ dan tersesat di dalam belenggu perasaan serta tidak mampu melepaskan diri, maka pada saat itu penyakit apapun akan timbul.”

Dr Wen menjelaskan, manusia mengalami deraan perasaan yang mayoritas adalah akibat kehidupan yang terlalu rumit dan konflik hubungan antar manusia yang tidak akur, atau sebaliknya karena hidup terlalu hambar, terlalu membosankan dan tidak bisa mengatasi rasa kesepian, sehingga tertekan karena tidak bahagia.

Lantaran dalam jangka waktu lama berada dalam keadaan marah, senang berlebihan, sedih, beban pikiran dan ketakutan lantas tidak bisa stabil, yang lebih lanjut memicu lima organ menjadi tidak tenang, pada akhirnya menimbulkan penyakit.

Wen selanjutnya berkata, “Jadi tiga penyakit besar abad ke-21, yang pertama adalah kanker, yang kedua adalah depresi. Faktanya kami juga mendapati kanker yang terjadi akibat tekanan mental mencapai 90%.”

“Artinya didalam hatinya tependam kebencian yang tak tersalurkan dalam jangka waktu panjang, atau tidak terkelola dengan baik, kaum wanita paling gampang terkena kanker payudara atau kanker mulut rahim, ini adalah kondisi nyata. Teori apa pun yang disebut di dalam kedokteran Barat, kondisi yang kami lihat adalah seperti itu.”

Segala penyakit bersumber dari hati, hati juga mampu mengobati seluruh penyakit. Dr Wen menjelaskan, huruf (piktogram) “情 (qing, dibaca: ching, artinya perasaan, Red.)” pada paruh kiri adalah unsur hati dan pada paruh kanan adalah hijau atau “青” dan: “青 (juga dibaca: ching) artinya hijau, merupakan unsur kayu, yang merefleksikan organ tubuh liver.”

Saat seseorang mengalami depresi, jika bepergian bertamasya menikmati pemandangan di gunung yang hijau tentu sangat membantu bagi mood atau suasana jiwa seseorang, juga merupakan obat mujarab untuk menyembuhkan pasien yang dalam proses menyembuhkan “perasaan”. Baik perasaan terhadap keluarga, persahabatan, cinta dan lain-lain, kadang kala khasiatnya bahkan jauh lebih baik daripada obat-obatan.

 “Jadi saya mendapati, untuk menilai apakah seorang pasien bisa cepat sembuh atau tidak, harus dilihat siapa yang membawanya datang berobat, terkadang harus dilihat pula interaksi antar keduanya, maka bisa diketahui apa penyebab penyakitnya itu,” kata Dr Wen.

Share

Video Popular