EpochTimesId – Sebanyak lima pesawat milik Air Korya Korea Utara mendarat di Bandar Udara Internasional Vladivostok, Rusia pada 30 Juli 2018. Masyarakat berspekulasi, pendaratan itu terkait dengan isu kunjungan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un ke Rusia.

Menurut media Amerika Serikat, ‘NK News’, jadwal penerbangan reguler Pyongyang-Vladivostok dari Air Koryo hanya 2 kali dalam seminggu. Itu pun hanya dilayani 1 pesawat.

Akan tetapi pada 30 Juli itu, ada 5 buah pesawat berbeda mendarat di bandara Rusia dengan waktu yang berbeda antara pukul 9 pagi hingga 16:40 sore, waktu setempat.

Di antara pesawat itu, terdapat 3 buah pesawat angkut, 1 pesawat jenis IL-76 tersebut adalah yang digunakan untuk membawa mobil-mobil khusus dan peralatan lainnya ketika Kim Jong-un mengunjungi Singapura dan negara lain. Dua pesawat lainnya adalah jenis IL-62 dan Tupolev-154.

Menurut laporan, antara tahun 2010 dan 2018, pesawat angkut Il-76 tidak pernah dioperasikan untuk penerbangan Pyongyang-Vladivostok. Sehingga sulit untuk menerka apa yang diangkut oleh tiga pesawat transportasi itu.

Ketika juru bicara Bandara Internasional Vladivostok menerima wawancara NK News, Dia tidak mengungkap banyak rincian. Jubir hanya mengatakan bahwa selain pesawat reguler yang mendarat di bandaranya pagi itu, Memang ada penambahan penerbangan dari Korya.

“Dua adalah pesawat penumpang biasa dan yang 3 lainnya adalah pesawat pengangkut kargo,” katanya.

Dikabarkan bahwa jadwal penerbangan reguler antara Pyongyang dan Bandara Internasional Vladivostok adalah 2 kali seminggu, pada hari Senin dan Jumat. Namun, baru-baru ini ada peningkatan jumlah penerbangan.

Menurut laporan itu, salah satu pesawat penumpang Korea Utara yang tiba di Bandara Internasional Vladivostok pada 30 juli itu bukanlah pesawat penumpang Tu-204 yang biasanya dioperasikan, tetapi pesawat penumpang IL-62. Pesawat jenis ini mampu membawa penumpang lebih banyak daripada pesawat penumpang Tu-204.

Dunia luar menduga, penerbangan ‘besar-besaran’ pesawat Korut ke Rusia mungkin berkaitan dengan persiapan kunjungan Kim Jong-un ke Rusia. Khususnya pesawat IL-62 itu paling menyolok karena bertipe sama dengan pesawat kepala negara ‘Chammae-1’. Karena pesawat tersebut dikabarkan untuk penggunaan kepentingan pemerintahan Korea Utara, sehingga memperkuat dugaan di atas.

Namun, media Korea Selatan ‘Yonhap News Agency’ mengutip sumber-sumber lokal Korea di Vladivostok mengatakan, bahwa sampai saat ini belum terlihat ada gerakan yang terkait kedatangan Kim Jong-un di Rusia. (Hong Mei/ET/Sinatra/waa)

Video Pilihan :

Share

Video Popular