Erabaru.net. Video yang diunggah di media sosial, Twitter menunjukkan tanah yang bergerak di Mongolia menjadi viral, telah menarik ribuan pengguna Twitter.

Video itu diunggah oleh laman Sismologia Mundial Twitter. Kejadian itu terjadi di pegunungan yang tampak tenang dan damai. Pergerakan tanah tersebut secara perlahan-lahan melalui samping kendaraan dan gubuk putih.

Fenomena geologi ini dianggap agak biasa dan peneliti di Pusat Pencegahan Bencana Alam Nasional (CENAPRED) di Meksiko menggambarkannya kejadian ini sebagai dampak mencairkan atau campuran tanah yang “mengurangi resistensi terhadap tekanan di antara butiran-butiran pertikelnya, mengisolasi campuran tanah dan air”

Fenomena ini terjadi di tempat-tempat yang memiliki jenis tanah yang halus, seperti pasir atau tanah liat, yang memiliki kepadatan rendah. Tekanan dari tanah mendorong tanah ke tanah yang lebih rendah dan dapat menyebabkan pelepasan air “vulkanik” kecil.

land moving from Xilinguole Meng ,Inner Mongolia Province,China.No,new reports say which take place in Qinghai province of China,a frozen earth shift.

Posted by Thomas Ying on Wednesday, September 13, 2017

Namun, fenomena ini bisa menjadi bencana yang sangat merusak jika itu terjadi di daerah yang padat dengan bangunan, seperti yang pernah terjadi di Niigata, Jepang pada tahun 1964 dan California pada tahun 1994. Kajian sedang dilakukan oleh ahli geologi dalam bidang mekanik tanah.(yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular