Erabaru.net. Meskipun lebih dari 70 persen permukaan Bumi tertutup oleh air, sebagian besar tetap menjadi misteri bagi para ilmuwan. Para ilmuwan menyatakan bahwa lebih dari dua pertiga dari semua kehidupan laut belum diberi nama atau diidentifikasi. Setiap tahun mereka menemukan ratusan spesies baru.

Berikut fakta menarik untuk Anda: Tahukah Anda bahwa lautan memiliki danau dan sungai yang ada di bawah air? Sulit dipercaya, tetapi itu adalah fakta yang nyata.

Fenomena ini terjadi ketika air laut merembes melalui lapisan garam tebal dan ketika garam larut, itu membuat cekungan di dasar laut. Karena garam menghasilkan air yang lebih padat, maka air akan masuk ke dalam cekungan-cekungan ini yang membuatnya tampak seperti danau atau sungai yang terbentuk di bawah air.

Mereka kadang-kadang dikenal sebagai kolam air asin dan sekelompok peneliti baru-baru ini menemukan satu yang terletak di Teluk Meksiko.

Mereka menamakannya ‘ Jacuzzi of Despair’ karena kadar garamnya yang sangat tinggi membuat kolam itu mematikan kepiting dan ikan yang berada di dalamnya.

Scott Wankel yang merupakan ahli biogeorologi di Woods Hole Oceanographic Institution mengatakan tentang kolam ini “Sangat hangat, tapi sangat asin, ketika [makhluk laut] masuk, mereka mati, diasinkan dan diawetkan.”

Kolam air asin sebenarnya dapat menopang kehidupan juga tetapi hanya pada kehidupan yang beradaptasi secara khusus, cacing tabung dan udang, mereka memakan hidrogen sulfida dan metana yang dihasilkan oleh kolam tersebut.(yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds