Erabaru.net. Indonesia yang selama ini dikenal memiliki salah satunya iklim tropis tak selamanya melekat. Fenomena iklim musim dingin melanda di dataran tinggi, Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.

Bak negara di Eropa, suhu dingin di kawasan ini mencapai minus 5 derajat celcius. Jadi sudah seperti di negara-negara yang kerap dilanda musim dingin, bukan?

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menunjukkan suasana dataran Dieng di akun Twitternya saat diterpa butiran bak salju.

Sutopo menyertakan sejumlah foto yang memperlihatkan dataran tinggi Dieng yang mana sudah persisi seperti di Eropa.

“Dataran tinggi Dieng nampak seperti Eropa di musim salju,” tulis Sutopo dalam akun Twitter @Sutopo_PN.

“Salju yang membekukan tanah dan rumput yang ada. Suhu pada pagi hari saat Rabu higga Kamis (1/8/2018) adalah minus lima derajat celcius. Air-air pun membeku di Bukit Sikunir, Sembungan, Wonosobo. Saya menikmati dataran tinggi dan festival kebudayaan Dieng,” tambahnya.

Dieng bersalju (Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho )

Seorang warga yang tinggal di sekitar dataran Dieng menuturkan memang hingga kini suhu dingin masih terus berlangsung. Kondisi suhu dingin itu terjadi sejak setengah bulan.

“Iya betul, sudah setengah bulan lalu,” kata Hendro ketika dikonfirmasi Erabaru.net.  

Menurut dia, sejumlah rekan-rekannya dari luar daerah telah berkunjung untuk menikmati suasana dingin tersebut. Dia tak kuasa menggambarkan seperti apa suhu dingin yang dia rasakan beberapa hari terakhir di rumah.

Wes, iki anyes tenan,” urainya singkat.

Embun yang menjadi es di dataran Dieng (Twitter/Istimewa)

Beberapa waktu lalu, Kabag Humas Badan Meteologi, Kalimatologi dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko merilis, kejadian di Dieng adalah fenomena aphelion. Dia menjelaskan fenomena suhu udara dingin merupakan fenomena alamiah yang biasa terjadi di bulan-bulan puncak musim kemarau (Juli – Agustus).

Dia menambahkan, udara yang terasa dingin sehingga membuat embun atau air membeku dan tampak seperti salju.

Bahkan, kata Hary, pada ketinggian seperti Dieng, Wonosobo diprakirakan kondisi udara permukaan kurang dari titik beku 0°C.   Sejumlah daerah yang mengalami kondisi yang serupa ini seperti di Gunung Semeru dan pegunungan Jayawijaya, Papua. (asr)

Video Rekomendasi :

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds