Mata-mata Tiongkok yang dilaporkan ditugaskan di kantor Senator AS Dianne Feinstein adalah sopirnya selama bertahun-tahun, menurut laporan baru.

Politico, dalam sebuah cerita yang lebih besar tentang bagaimana mata-mata mulai bermunculan di Silicon Valley, mengungkapkan tentang Feinstein (D-Calif.) yang memiliki anggota staf yang direkrut oleh para pejabat intelijen Tiongkok dan melaporkan kembali ke Tiongkok tentang politik-politik  setempat.

Politico menyebut mantan pejabat intelijen dan tidak mengidentifikasi perannya di dalam staf serta namanya.

Seorang sumber, telah menyebut sebagai mantan pejabat intelijen, mengatakan kepada San Francisco Chronicle bahwa staf tersebut adalah sopir Feinstein selama bertahun-tahun.

Sumber tersebut mengatakan bahwa sopir itu telah memberikan informasi kepada pejabat Tiongkok yang bermarkas di Konsulat Tiongkok setempat.

Selain menjadi sopir, staf tersebut, yang belum disebutkan namanya, “melayani sebagai [seorang] asisten serabutan yang menjalankan tugas selain melakukan tugas rutin di kantornya di San Francisco dan sebagai seorang penghubung dengan komunitas orang Asia Amerika, bahkan menghadiri fungsi-fungsi Konsulat Tiongkok mewakili senator tersebut,” menurut laporan.

mata-mata menyamar sopir pejabat amerika
Penjaga paramiliter Tiongkok berjalan keluar di luar Aula Besar Rakyat pada 5 Maret 2016. (Fred Dufour / AFP / Getty Images)

Tugas mata-mata itu dimulai setelah staf tersebut melakukan perjalanan ke Asia untuk mengunjungi anggota keluarga dan berteman dengan seseorang yang terhubung dengan Kementerian Keamanan Negara yang terkenal kejam, seorang sumber mengatakan kepada surat kabar tersebut. FBI telah menyelidiki setelah mendapat petunjuk dan dilaporkan telah menyimpulkan bahwa staf tersebut tidak mengungkapkan hal penting apa pun.

“Mereka telah mewawancarainya, dan Dianne memaksanya untuk pensiun, dan itu adalah akhir dari cerita,” kata sumber tersebut.

Kantor Feinstein menolak berkomentar tetapi seorang anggota staf mengatakan kepada Politico bahwa tidak ada seorang pun di kantor San Francisco yang memiliki izin keamanan.

Mantan agen FBI Josh Harp mengatakan kepada CBS bahwa dia tidak terkejut bahwa Feinstein dimata-matai.

“Pikirkan tentang Diane Feinstein dan apa yang bisa dia akses,” kata Harp. “Satu, dia punya akses ke komunitas Tionghoa di sini di San Francisco; jumlah besar untuk pengaruh politik. Dua, benarkan saya jika saya salah, Dianne Feinstein masih memiliki hubungan yang sangat erat dengan komite intelijen di Washington DC.”

Harp ditugaskan untuk menjalankan counter-espionage (tindakan yang dirancang untuk mendeteksi dan melawan spionase) untuk FBI di Bay Area.

Menurut CBS, staf tersebut bekerja untuk Feinstein selama hampir 20 tahun sebelum ketahuan. Feinstein (85 tahun), telah menjadi senator di California sejak 1992 dan menjabat sebagai walikota San Francisco (1978-1988) dan sebelumnya seorang pengawas kota (1970-1978). (ran)

ErabaruNews

Share

Video Popular