Erabaru.net. Setelah 12 jam menjalani tes kesehatan dan kejiwaan sebagai bakal pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu (12/08/2018) Joko Widodo dan Ma’ruf Amin mengatakan diri mereka masih segar bugar seperti sediakala.  

Alhamdulillah saya dengan Kiai Ma’ruf Amin telah menyelesaikan pemeriksaan kesehatan kami,  beliau masih segar bugar, saya juga masih segar bugar dari pagi sampai malam ini,” kata Jokowi.

Meski demikian, Jokowi mengatakan tes kesehatan yang dialaminya lebih cepat dari Maruf Amin. Ini dikarenakan Jokowi menyebut dirinya mengikuti tes kesehatan seperti ini bukan hal yang pertamakalinya.

Joko Widodo dan Ma’ruf Amin usai mengikuti rangkaian tes kesehatan dan kejiwaan di RSPAD Jakarta Pusat 12 Agustus 2018 (Foto : M.Asari/Erabaru.net)

Jokowi menuturkan dirinya sudah 5 kali melakukan pemeriksaan kesehatan dari wali kota dua kali, saat calon gubernur, calon presiden dan kembali mengikutinya kali ini.  

“Jadi sudah 5 kali. Tidak usah diberesin lagi oleh tim dokter sudah hapal,” katanya.

Jokowi mengungkapkan meski berlangsung lama, dirinya tak mengalami kelelahan selama diperiksa tim gabungan IDI dan RSPAD.   “Tidak ada yang melelahkan,” ujarnya.

Jawaban serupa disampaikan oleh KH Maruf Amin yang menyatakan dirinya tak mengalami kelelahan sama sekali saat diperiksa walaupun dirinya kini sudah menginjak pada usia 75 tahun. Justru, kata Maruf, pelaksanaan rangkaian ibadah haji lebih melelahkan.

Joko Widodo dan Ma’ruf Amin usai mengikuti rangkaian tes kesehatan dan kejiwaan di RSPAD Jakarta Pusat 12 Agustus 2018 (Foto : M.Asari/Erabaru.net)

 “Tidak ada yang mengalahkan, yang melelahkan adalah kalau keliling ke daerah-daerah, haji itu lebih berat saat sa’i,” ujarnya.

Sementara Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ilham Oetama Marsis mengungkapkan mengapa adanya perbedaan waktu lebih lama dengan Jokowi dan Maruf Amin.

Menurut dia, Jokowi sudah melakukan tes kesehatan seperti sebelumnya. Sedangkan, kata dia, bagi Maruf Amin merupakan yang pertama kalinya.

Ilham merinci, orang yang pernah mengikuti tes kesehatan ini akan lebih siap dan lancar dibandingkan orang yang pertama kali menjalaninya. Hanya saja, kata dia, tes kesehatan  capres dan cawapres menggunakan alat-alat modern yang lebih cepat.

Joko Widodo dan Ma’ruf Amin usai mengikuti rangkaian tes kesehatan dan kejiwaan di RSPAD Jakarta Pusat 12 Agustus 2018 (Foto : M.Asari/Erabaru.net)

Adapun rincian jenis dan lamanya pemeriksaan terhadap Jokowi-Ma’ruf yakni tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) atau psikometri 90 menit, penyakit dalam 30 menit, bedah 20 menit, neurologi 60 menit, dan wawancara psikiatri 90 menit.

Tes lainnya adalah pemeriksaan mata berlangsung 30 menit, THT-KL (Telinga Hidung Tenggorokan-Kepala Leher) audiometri nada murni 30 menit, jantung dan pembuluh darah 45 menit, echokardiografi 20 menit, paru dan tes lain 20 menit, radiologi thoraks 10 menit, MRI kepala 30 menit, dan pengambilan sample laboratorium 10 menit.

Jokowi-Maruf Amin mengikuti rangkaian pemeriksaan kesehatan sebagai syarat pencalonan di pilpres 2019 sebagaimana diatur oleh Undang-Undang. Tes keduanya dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 20.25 WIB. (asr)

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds