Erabaru.net. Karena selalu makan dan istirahat tidak teratur, dan suka mengonsumsi makanan cepat saji, suatu hari seorang wanita bernama Wang(55) merasa tidak nyaman dengan kesehatannya, kemudian dia memeriksakan diri ke rumah sakit. Tak disangka, dari hasil pemeriksaan, Wang didiagnosis mengidap kanker. Sejak itu, dia berhenti dari pekerjaannya. Dia mulai makan dengan teratur, dan menjaga suasana hatinya agar tetap stabil.

Suatu hari, entah dari mana dia mendengar bahwa makan buah pir sangat baik bagi kesehatan, dia pun mulai makan buah pir setiap hari. Setelah beberapa waktu kemudian dia memeriksakan lagi ke rumah sakit, dan tak disangka sel-sel kankernya semakin berkurang, membuat tetangga yang mendengarnya pun merasa takjub.

Dewasa ini, penyakit kardiovaskular, yakni suatu kondisi dimana terjadi penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada (angina), atau stroke telah menjadi “pembunuh” yang membahayakan kesehatan manusia, sehingga sulit untuk mengantisipasinya.

Kini, cara mencegah dan mengobati penyakit itu pun telah menjadi masalah yang sangat diperhatikan banyak orang. Sebenarnya, dengan beberapa metode terapi, dapat mengatasi dan mencegah penyakit tersebut. Misalnya, konsumsi buah pir.

Buah pir adalah buah yang sangat umum ditemui sehari-hari, dan pasti cukup banyak orang yang suka dengan buah ini.

Kita dapat menyerap vitamin B melalui buah pir ini. Zat ini dapat membantu kita melindungi sekaligus mencegah penyakit jantung.

Menurut penelitian, buah pir sangat bagus bagi para perokok, pasalnya dengan mengonsumsi 759 gr buah pir secara kontinyu, maka zat-zat beracun dalam tubuh akan dibuang melalui urin. Selain itu, jus pir yang dipanaskan mengandung sejumlah besar polifenol yakni zat antikanker.

Sejumlah ahli gizi telah merekomendasikan pir sebagai salah satu buah yang terbaik untuk membantu mencegah dan mengurangi risiko beberapa penyakit.

Dikonsumsi dalam jumlah sedang, pir bisa mengurangi risiko masalah kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan makan buah pir :

1. Mengurangi rasio terjadinya flu, pilek

Orang yang makan lebih banyak pir jauh lebih rendah terkena flu daripada mereka yang sedikit makan buah pir atau tidak sama sekali.

Oleh karena itu, ada ilmuwan maupun dokter menyebut pir sebagai “buah sehat dari segala aspek” atau “dokter umum”.

Polusi udara sekarang jauh lebih serius, dengan mengonsumsi buah pir secara teratur, dapat meningkatkan sistem pernapasan dan fungsi paru-paru, melindungi paru-paru dari dampak buruk debu dan asap di udara.

2. Melindungi jantung

Buah pir kaya akan vitamin B kompleks, yang dapat melindungi jantung, mengurangi rasa lelah, meningkatkan vitalitas otot jantung, dan menurunkan tekanan darah.

3. Meningkatkan nafsu makan

Buah pir mengandung polisakarida dan multivitamin, yang mudah diserap oleh tubuh, dapat meningkatkan nafsu makan dan memiliki efek perlindungan jantung.

4. Meredakan panas (dahaga)

Buah pir bersifat dingin, dapat melegakan tenggorokan dan meredakan panas, Makan buah pir secara teratur dapat memulihkan tekanan darah normal dan memperbaiki gejala pusing, mata berkunang-kunang.

5. Mencegah dan anti-kanker

Pir dapat mencegah atherosclerosis (pengerasan pembuluh darah), menghambat pembentukan nitrosamin yakni senyawa karsogenik (penyebab kanker), sehingga mencegah kanker.

 

Berikut sup buah pir untuk melembabkan tubuh:

Sup pir masak ginseng Amerika

Khasiat: Meredakan panas dan sebagai pelembab, melegakan tenggorokan, menambah cairan tubuh, cocok dikonsumsi pada cuaca panas dan kering oleh orang-orang yang fisiknya cenderung bersifat panas.

Bahan: 3 buah pir, 15 gr American ginseng (diiris), 30 gr anggrek-dendrobium nobile (batang-kering), 3 gr Lycium Chinense (goji berry), 3 gr daging lengkeng, 500 gr daging tanpa lemak (untuk 3 orang)

Cara menggolah: Cuci dan potong daging tanpa lemak, didihkan 2000 ml air ke dalam panci keramik, kemudian masukkan semua bahan, masak selama 45 menit. Tambahkan garam secukupnya, siap disasjikan.

Sup buah pir masak Dang-shen

Khasiat: Menguatkan energi vital, cocok dikonsumsi pada cuaca panas dan kering oleh orang-orang yang fisiknya cenderung bersifat dingin.

Bahan: 1 buah pir, 10 – 12 gr dang-shen (akar Codonopsis pilosula), 10 gr Ophiopogon japonicus (rumput kucai), 10 gr anggrek-dendrobium nobile (batang-kering), 15 gr Yu-zhu (Solomon’s Seal Rizhome), air secukupnya, rebus selama 1 jam, tambahkan garam, sajikan.(jhn/yant)

Sumber: life.bldaily

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular