4. Dengan menyerahkan jaminan di dalam negeri untuk mendapatkan kredit di luar negeri

Sebenarnya, metode ‘semut memindahkan sarang’, menggesek kartu di luar negeri atau transaksi transfer lewat Bank bawah tanah masih memiliki kecepatan yang terbatas jika jumlah dana yang mau dialihkan ke luar Tiongkok itu besar, sebesar berita yang diekspos media seperti uang korupsi pejabat PKT, kekayaan keluarga para konglomerat Tiongkok untuk membeli aset di luar negeri.

Perusahaan impor ekspor, Bank Devisa adalah institusi yang memiliki sarana lintas batas dan mampu mengalihkan dana dalam jumlah besar juga difungsikan sebagai lorong saluran.
Misalnya, metode ‘jaminan domestik untuk pinjaman asing’ yakni, lembaga keuangan dalam negeri menjamin pembayaran kredit perusahaa yang berada di luar negeri.

Jadi, Bank domestik menjamin lembaga keuangan luar negeri atas pembayaran utang anak perusahaan (nasabah) yang telah didaftarkan oleh perusahaan domestik di luar negeri. Dengan demikian, lembaga keuangan asing melepas sejumlah utang kepada perusahaan tersebut.

Singkatnya, perusahaan domestik Tiongkok membuka anak perusahaan di luar negeri, memperluas bisnis di luar negeri membutuhkan dana, tetapi karena jumlahnya yang besar jadi lebih sulit untuk lolos dari pengawasan otoritas pengawas jasa keuangan.

Jadi lewat kedok ‘jaminan domestik untuk pinjaman asing’ anak perusahaan tersebut akhirnya berhasil mendapatkan sejumlah dana pinjaman dalam mata uang asing dari lembaga keuangan asing dengan menyerahkan jaminan tersebut.

taktik perang media cina tiongkok dalam perang dagang dengan amerika
Seorang penjual mengambil uang kertas 100 yuan di atas sebuah surat kabar yang menampilkan foto presiden terpilih AS Donald Trump, di sebuah kios berita di Beijing pada 10 November 2016. (GREG BAKER / AFP / Getty Images)

Tentu saja untuk memperoleh surat ‘jaminan domestik untuk pinjaman asing’ dari sebuah Bank domestik Tiongkok perusahaan induk harus menghipotekkan kekayaan fisiknya, misalnya menyerahkan tanah dan bangunan rumah pribadinya, tanah-tanah real estate sebagai jaminan. Dengan demikian pengalihan nilai dari RMB ke valas sudah terjadi.
Kalau pun modus tersebut tidak tergolong fiktif, masih dibenarkan secara peraturan, namun antara penjamin dan debitur biasanya memiliki hubungan erat.

Selain itu, Bank domestik yang mengeluarkan surat pernyataan bertindak sebagai penjamin kredit akan mengurangi kuota kemampuannya (dalam menjamin transaksi nasabahnya) yang sudah diatur oleh otoritas pengawas jasa keuangan Tiongkok, yakni tidak melebihi 50 % dari aktiva bersih Bank tersebut. Bagi industri perbankan Tiongkok, aktiva bersih biasanya kecil kalau tidak minus.

Sehingga modus ‘jaminan domestik untuk pinjaman asing’ tersebut juga diawasi ketat oleh otoritas. Seperti China Minsheng Bank cabang kota Xiamen, Bank of Guangzhou cabang Shenzhen, dan Xiamen International Bank cabang kota Quanzhou pernah mendapat peringatan dari otoritas pengawas, Bahkan China Minsheng Bank cabang kota Xiamen diwajibkan untuk membayar denda sebesar RMB. 22.4 juta dan menutup loket penjualan valas kepada publik selama 3 bulan atas pelanggaran yang mereka lakukan.

5. Kredit dalam bentuk valas dengan jaminan deposito RMB

Perusahaan (induk) mendepositokan dana dalam mata uang Renminbi selama 2 – 3 tahun pada Bank domestik sebagai jaminan atas pengajuan kredit anak perusahaannya di luar negeri. Perbedaannya dengan modus ‘jaminan domestik untuk pinjaman asing’ adalah tidak melibatkan pemberian jaminan yang melintasi batas.

Jaminan lintas batas sering “dikemas” ke dalam bentuk yang tidak dijamin melalui ‘inovasi bisnis’ yang dilakukan oleh perusahaan atau individu yang ingin mentransfer dana ke luar negeri. atau melalui pembukuan terpisah antara anak perusahaan dengan induknya guna menutupi masalah lintas batas dan mengelabui pengawasan otoritas.

Modus tersebut sudah memiliki sejarah panjang dan sebagian besar berada di wilayah pengawasan yang abu-abu. Cukup riskan bagi pengguna untuk terjebak masuk daerah larangan karena kelalaian.

Share

Video Popular