Washington DC – Para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) Amerika Serikat telah memperkirakan bahwa peradaban manusia akan berakhir pada tahun 2040. Bumi akan mengalami perubahan besar mulai tahun 2020. Prediksi itu dilakukan dan dikeluarkan pada tahun 1973

Australia Broadcasting Corporation (ABC) pada tahun 1973 bahkan turut memberitakan prediksi luar biasa itu. Prediksi yang merupakan hasil eksekusi atau analisa komputer terbesar Australia.

Prediksi salah satu komputer terbesar di dunia pada saat itu, diulas dalam program ‘World One’. Penelitian dilaksanakan oleh sejumlah peneliti MIT.

Jay Forrester, Profesor MIT dan pelopor komputer mengembangkan model untuk mempelajari keberlanjutan global setelah menerima tugas dari Club of Rome. Club of Rome adalah sebuah lembaga pemikir (think tank) global yang didirikan bersama oleh ilmuwan Inggris Alexander King bersama beberapa ilmuwan lainnya pada tahun 1968.

Ini adalah komputer yang digunakan para peneliti di masa lalu. (video screenshot/ABC)

Berdasarkan model komputer ini, para peneliti memprediksi tren dalam tingkat polusi, pertumbuhan populasi, akses ke sumber daya alam, dan kualitas hidup di Bumi.

Mereka menyimpulkan bahwa, tingkat polusi dan pertumbuhan penduduk akan mengakibatkan kerusakan global sebelum tahun 2040. Kualitas hidup manusia diperkirakan mengalami perubahan besar mulai tahun 2020.

ABC melalui acara ‘This Day Tonoght’ menggambarkan, “Pada sekitar tahun 2020, situasi di planet ini akan menjadi sangat kritis.”

“Jika kita tidak mengambil tindakan apapun, kualitas hidup akan menurun ke level nol. Polusi menjadi begitu serius, dan itu akan mulai membunuh manusia sehingga populasi menurun, bahkan jumlahnya lebih kecil daripada populasi dunia tahun 1900.”

“Pada tahap ini antara tahun 2040 dan 2050, kehidupan kita yang beradab di planet ini akan lenyap.”

Alexander King juga meramalkan mengenai kedaulatan nasional dalam program itu. Dia mengatakan bahwa kedaulatan negara tidak lagi begitu mutlak dan akan hilang secara bertahap. Ini bisa terjadi juga di negara besar. (Chun Juncun/ET/Sinatra/waa)

Simak juga, Pengakuan Dokter yang Dipaksa Panen Organ Hidup :

Share

Video Popular