- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Khasiat Seledri untuk Mengatasi Beberapa Penyakit Tertentu

Erabaru.net. Kita sudah tak asing lagi dengan yang namanya seledri. Seledri adalah salah satu tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Karena memiliki aroma yang tajam, sehingga tanaman ini disebut sebagai sayuran rempah-rempah. Dari sudut pandang medis, seledri berfungsi sebagai adjuvan (obat yang membantu meningkatkan khasiat obat lain).

Daun seledri biasanya digunakan untuk bahan masakan serta menambah rasa khas yang menggugah selera. Selain itu daun seledri memiliki manfaat yang sangat penting untuk kesehatan.

Kandungan yang terdapat dari sayuran ini meliputi folat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, selenium, magnesium, zat besi, kalsium dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut dipercaya memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh.

[1]

Karena seledri kaya akan mineral, anak-anak dan remaja dalam masa pertumbuhan, serta wanita hamil dan wanita menyusui, disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi seledri untuk meningkatkan kadar kalsium dan zat besi dalam tubuh.

Mulai dari akar, batang, daun sampai biji tanaman ini dapat dimanfaatkan untuk bidang pengobatan. Akar seledri mentah merupakan sumber vitamin C, fosfor, dan kalium yang berfungsi meningkatkan produksi urin serta memacu keluarnya enzim pencernaan. Bijinya berguna sebagai peluruh kencing, pereda kolik, menurunkan kadar asam urat, antireumatik, peluruh kentut, afrosidiak, peluruh haid, dan sebagai zat penenang alami.

Lantas apa saja khasiatnya?

Menurunkan tekanan darah tinggi

Siapkan 20 tangkai daun seledri dan cuci bersih, kemudian haluskan seledri tersebut dengan ditambahkan sedikit air, lalu peras dan saring.

Minumlah air perasan tersebut 3 kali sehari.

Menurut para ahli, seledri yang digoreng bersama telur dapat membantu menurunkan tekanan darah sekaligus menenangkan saraf.

[2]

Untuk mengobati asma atau bronkitis

Siapkan 3 tangkai seledri, 3 lembar daun kapuk, gula aren, air 1/2 gelas dan garam secukupnya.

Cara membuat:

Cuci seledri dan daun kapuk sampai bersih, tumbuk hingga halus, tambahkan gula aren, garam, aduk rata, saring. Minum setiap pagi sebelum sarapan.

Mengatasi insomnia, obat anti diabetes

Siapkan dua atau tiga batang seledri segar, 1/2 gelas air matang, dan dua sendok madu. Cuci bersih seledri dan potong-potong menjadi beberapa bagian.

Masukan ketiga bahan tersebut ke dalam blender. Setelah halus, tuangkan ke dalam gelas dan minum.

Seledri kaya akan vitamin dan garam mineral yang dipercaya mampu membantu tidur Anda lebih nyenyak.

Mengonsumsi segelas jus seledri sebelum tidur dijamin akan menyembuhkan insomnia dan meningkatkan kualitas tidur. Untuk menghilangkan bau seledri, tambahkan buah-buahan seperti anggur atau stroberi untuk dijus.

[3]

Meredakan batuk

Cuci 30 gram seledri segar, lalu potong-potong. Rebus dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas.

Setelah dingin, saring. Jika diinginkan, tambahkan madu. Gunakan ramuan ini untuk dua kali minum, pagi dan sore.

Akar seledri untuk pengobatan gejala mual dan muntah

Akar seledri segar dapat digunakan untuk mengobati mual dan muntah.

Cara membuat: Akar seledri segar 30 gr, akar manis licorice 15gr, satu butir telur, rebus semua bahan-bahan ini, dan minum, biasanya akan sembuh dengan satu dosis.

Catatan: Seledri tidak baik dimakan bersama dengan dengan udang, ebi, cuka, mentimun, labu, kerang, daging kelinci, daging labi-labi, kacang kedelai, bunga krisan, kepiting, kerang air tawar atau sejenisnya.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi: