Erabaru.net. Persik (Prunus persica) atau adalah tanaman buah dari famili Rosaceae. Buah ini disebut juga sebagai buah momo di dalam bahasa Jepang. Buah persik memiliki daging berwarna kuning dengan aroma harum dan memiliki satu biji yang keras.

Kandungan gizi:

Setiap 100 gr buah persik didalamnya mengandung: 0,8 g protein, 0,1 g lemak, 7 g karbohidrat, 4,1 g kasar serat, 0,5 g abu (Zat an-organik), 8 mg kalsium, 20 mg fosfor, 1,0 mg zat besi, 0,01 mg karoten, thiamin 0,01 Mg, riboflavin (vitamin B2) 0,02 mg, niacin 0,7 mg, dan asam askorbat 6 mg.

Selain itu, buah ini juga mengandung minyak atsiri dan asam organik. Asam organik utama adalah asam malat dan asam sitrat. Dan juga gula alami, seperti glukosa, fruktosa, sukrosa, dan xilosa

Khasiat buah persik:

  • Memiliki rasa yang manis bercampur asam, berkhasiat penambah energi vital anda, melancarkan sirkulasi darah, dapat mengurangi dahaga di musim panas, kotoran sembelit, sakit haid, lesu, batuk, nyeri hernia, keringat berlebih waktu tidur dan lain-lain.
  • Persik juga berkhasiat untuk mengatasi gejala bronkitis kronis, bronkiektasis, fibrosis paru, atelektasis, silikosis, tuberkulosis dan batuk kering, hemoptisis, demam, keringatan dan lain-lain. Selain itu juga berkhasiat melembabkan dan melindungi paru-paru.
  • Kaya akan zat besi dan vitamin K, persik membantu kesehatan jantung Anda. Vitamin K mencegah pembekuan darah.
  • Likopen dan lutein pada buah persik juga berkhasiat mengurangi kecepatan penyakit jantung. Buah ini juga mengandung potasium, elektrolit yang mengatur darah dan menjaga volume cairan, mengendalikan detak jantung dan memberi tekanan terhadap penyakit stroke.

Beberapa orang yang disarankan untuk berhati-hati dalam mengonsumsi buah persik:

  1. Mereka yang rentan terhadap furunkel, yaitu radang kulit seperti bisul, jadi jangan makan terlalu banyak.
  2. Jangan berikan pada bayi, karena buah persik mengandung banyak zat makromolekul. Kemampuan dari sistem dialiasis bayi masih lemah, belum dapat mencerna zat-zat ini malah bisa menimbulkan reaksi alergi.
  3. Mereka yang melemahkan fisik dan sering sakit.
  4. Mereka yang memiliki penyakit alergi, termasuk makan buah anggur ini.
  5. Jangan mengonsumsi buah persik yang belum matang, karena akan membuat perut Anda kembung.
  6. Semua makanan itu baik jika tidak dikonsumsi, karena juga buah persik, karena isi kalium dalam buah ini dapat menurunkan tekanan yang sangat rendah dan menimbulkan hipotensi yang ditandai dengan gejala seperti lemas, sakit kepala, pusing, depresi, penglihatan kabur dan ungkapan lainnya.
  7. Jangan ambil buah persik yang sudah rusak (busuk).
  8. Mereka yang memiliki gejala diabetes dan gula darah tinggi.

Bolehkah wanita hamil mengonsumsi buah persik?

Makan secukupnya buah ini sangat bermanfaat bagi wanita hamil. Buah persik mengandung banyak zat besi , yang merupakan salah satu suplemen pentingg saat hamil. Tanggal masa kehamilan akhir, janin membutuhkan banyak zat besi, jadi, mengonsumsi buah persik dengan porsi ideal, baik untuk wanita hamil.

Tips memilih buah persik yang bagus:

1. Pilih buah yang ukurannya besar, bentuknya seimbang, dan warnanya cerah.

2. Pilih buah yang dagingnya putih bersih, serat kasarnya sedikit, dagingnya lunak dan melekat pada inti, kulitnya dan mudah dikupas.

3. tahu jika warna dagingnya tidak cerah, serat kasarnya lebih banyak, dagingnya keras, dan inti buahnya mudah terkelupas.

Semoga bermanfaat!

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular