Erabaru.net. Orang-orang dengan jadwal sibuk sering hanya memiliki sedikit waktu tersisa untuk istirahat dan relaksasi, menyebabkan penumpukan stres yang dapat membawa dampak besar pada kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan jika dibiarkan tidak terkelola.

Praktek Jepang kuno, yang telah membuat kebangkitan di zaman modern, menawarkan cara yang sangat mudah dan cepat untuk melawan ini.

Jin Shin Jyutsu adalah teknik latihan jari dari Jepang yang diperkirakan berusia hampir 1500 tahun lalu untuk membantu menyembuhkan tubuh dengan “menyelaraskan energi kehidupan”.

Praktisi teknik ini mengatakan bahwa menerapkan tekanan manual pada titik-titik tertentu di tangan bisa melepaskan ketegangan yang dikatakan sebagai penyebab berbagai gejala dalam tubuh.

Para murid Jin Shin Jyutsu yang modern telah mengklaim bahwa catatan tertulis kuno yang terdapat dalam ‘Archives of the Imperial Palace ‘di Jepang menjelaskan bagaimana prinsip-prinsipnya berasal dari sebuah praktik yang dikenal jauh sebelum Kojiki (Record of Ancient Things- Jepang, 712 M).

Dalam teks-teks awal ini, Jin Shin Jyutsu didefinisikan sebagai “bagian bawaan dari kebijaksanaan manusia” yang menyederhanakan “kompleksitas eksistensi”.

Aplikasi modernnya dihidupkan kembali pada abad ke-20 oleh seorang pria Jepang bernama Jiro Murai (村井 次郎; * 1886 -1960) yang mengambil inspirasi dari ajaran-ajaran yang bersumber dari sastra kuno, termasuk “Record of Ancient Things”.

Beberapa konsep yang menyelidiki memulihkan harmoni dalam saluran energi yang disebut tubuh manusia memiliki filosofi yang mirip dengan akupresur dan terapi akupunktur Pengobatan Tradisional Tiongok (PTT).

Berdasarkan penelitian dan pengalaman pribadinya, Murai mengklaim dia mampu mengoreksi dan menyesuaikan energi tubuh setiap kali tidak seimbang dengan fokus pada tangan.

Sementara filosofi tidak mengajarkan aturan khusus, termasuk waktu yang diperlukan untuk setiap latihan, dipahami bahwa hanya dibutuhkan sekitar 5 menit setiap tangan untuk mencapai efek relaksasi.

Jika dilakukan dengan benar, Jin Shin Jyutsu dilaporkan bisa memperbaiki ketidakseimbangan emosi tubuh yang disebabkan oleh ketakutan, kemarahan, kesedihan, kesombongan atau kebanggaan.

Berikut adalah latihan Jin Shin Jyustsu dasar dengan penjelasan yang sesuai untuk Anda coba: (Harap dicatat untuk memulai latihan dengan tangan yang Anda rasa paling nyaman sebelum melanjutkan untuk menerapkan latihan ini ke kedua tangan.)

  1. Memegang ibu jari dengan erat selama satu sampai dua menit dikatakan dapat mengurangi kekhawatiran. Latihan ini juga membantu dengan insomnia, pencernaan, sakit kepala, stres, dan kegelisahan, menenangkan, kesehatan kulit dan ketika Anda harus duduk untuk waktu yang lama (duduk dapat menyebabkan pembengkakan).
  2. Memegang jari telunjuk dengan erat selama satu hingga dua menit dikatakan untuk mengurangi rasa takut. Ini juga dilaporkan membantu gigi dan gusi, sakit punggung, pencernaan dan sembelit, self-criticism, rasa malu, ketegangan otot, ginjal dan energi kandung kemih dan dalam situasi di mana seseorang harus berdiri untuk waktu yang lama.
  3. Memegang jari tengah dengan erat selama satu sampai dua menit dikatakan dapat meredakan rasa marah. Latihan ini juga membantu tekanan darah, kelelahan, penglihatan, mengendalikan emosi, atau energi hati dan ketika seseorang harus banyak membaca.
  4. Memegang jari manis dengan erat selama satu sampai dua menit dikatakan untuk melawan perasaan sedih. Ini juga membantu pendengaran, fungsi pernapasan, dahak, kondisi kulit, energi paru-paru dan usus besar dan ketika seseorang harus berbaring untuk sementara waktu (seperti ketika Anda sakit).
  5. Memegang jari kelingking dengan erat selama satu hingga dua menit dikatakan memberi dorongan kekuatan dan kepercayaan diri. Ini juga membantu jantung berdebar-debar, bengkak, berusaha terlalu keras (pada apa pun), rasa tidak aman, gugup, dengan energi jantung dan usus kecil, dan ketika seseorang banyak berjalan.
  6. Menekan ibu jari Anda di tengah telapak tangan yang lain akan langsung meredakan stres.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.(yant)

Sumber: /nextshark.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds