Erabaru.net. Jujube juga disebut kurma merah, karena memiliki bentuk yang mirip dengan kurma. Karena kandungan vitaminnya yang sangat tinggi, dan dikenal sebagai “pil vitamin alami.”

Jujube masih sangat asing di telinga orang Indonesia. Namun, dalam menu masakan orang Tionghoa, buah ini sering ditemukan. Sekarang, buah ini lebih condong digunakan untu terapi alamiah, sehingga mereka sering menambahkan bahan-bahan sehat seperti buah jujube ini.

Sementara dalam terapi kedokteran Tiongkok , jujube kerap dipakai sebagai makanan sehat. Karena dikategorikan sebagai salah satu makanan penambah darah, sehingga buah ini sangat digemari kaum wanita, terutama setelah melahirkan, karena bisa memulihkan fisik yang lemah dan menambah darah

Berikut adalah beberapa manfaat jujube untuk kesehatan tubuh:

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah ini dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, menghambat penyebaran sel kanker. Penelitian farmakologi menemukan bahwa jujube atau kurma merah ini dapat meningkatkan pembentukan sel darah putih, menurunkan kadar kolesterol serum, meningkatkan serum albumin, melindungi organ hati.

Buah ini juga mengandung zat yang dapat menghambat penyebaran sel kanker, dan bahkan dapat mengubah sel kanker menjadi sel normal.

Menurunkan kadar kolesterol

Mereka yang sering mengonsumsi jujube jarang menderita batu empedu, dikarenakan vitamin C yang melimpah dalam buah ini. Kandungan vitamin C yang tinggi tersebut mampu mengubah kolesterol yang tinggi menjadi bile acid yang mampu mencegah terjadinya batu empedu.

Mencegah osteoporosis dan efek terapeutik

Jujube kaya akan kalsium dan zat besi, yang berperan penting dalam pencegahan dan pengobatan osteoporosis, anemia pasca persalinan. Jujube memiliki efek terapeutik yang sangat baik untuk orang-orang usia paruh baya dan lansia yang sering mengalami osteoporosis, dan remaja yang sedang dalam masa puncak pertumbuhan atau wanita yang rentan mengalami gejala anemia, khasiatnya jauh lebih ampuh daripada obat-obatan.

Memulihkan fisik yang lemah

Buah ini berkhasiat sebagai suplemen yang sangat baik bagi mereka yang memiliki lemah fisik pasca sakit.

Menurunkan tekanan darah

Senyawa rutin, yakni senyawa turunan dari flavonoid yang terkandung dalam buah jujube adalah zat yang dapat melembutkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan memiliki efek pencegahan terhadap hipertensi.

Obat anti-alergi

Jujube berkhasiat sebagai obat anti-alergi, menyingkirkan bau amis atau bau tak sedap lainnya, menenangkan saraf, dan menguatkan kesehatan otak serta meningkatkan nafsu makan.

Meningkatkan kekuatan otot

Jujube juga dapat meningkatkan kekuatan otot, memulihkan stamina, melebarkan pembuluh darah, meningkatkan kontraktilitas miokard, memasok nutrisi dan oksigen ke otot jantung (miokard).

Memperlancar sistem percernaan

Jika Anda mengalami masalah dengan sistem pencernaan, mungkin buah ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk pengobatan, karena buah ini juga dapat membantu dalam proses pencernaan makanan atau “Sebagai Obat Pencahar”.

Menyehatkan sekaligus mencerahkan kulit

Salah satu efek lain dari antioksidan adalah untuk kulit. Jus dan ekstrak jujube telah digunakan secara topikal untuk mengobati berbagai iritasi dan radang pada kulit, termasuk psoriasis, eksim dan jerawat.

Mengonsumsi buah jujube juga bermanfaat untuk membantu mencegah munculnya keriput dan bekas luka, serta menjaga kulit anda agar tetap kencang.

Membantu tidur nyenyak

Untuk orang yang sering terkena insomnia atau gelisah, memakan buah jujube ini bisa menjadi obat yang baik. Sifat dari senyawa organik yang terkandung dalam buah jujube ini dapat menenangkan tubuh dan pikiran. Jadi jika Anda tidak bisa tidur di malam hari, mungkin sedikit rebusan buah jujube ini dapat membantu anda tertidur lelap.

Membantu menenangkan sistem saraf

Khasiat dari buah ini juga dimungkinkan sebagai anti depresi alami dan juga sebagai obat penenang. Jadi buah ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran dan stres.

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds