Erabaru.net. Mantan Presiden Uruguay, José Mujica telah disebut ‘presiden termiskin di dunia’ karena sifatnya yang murah hati dan juga mempraktekkan gaya hidup sederhana.

José telah menyumbangkan sebagian besar gajinya sebagai presiden negara kepada pusat amal dan hanya menyisakan sedikit uang, sekedar cukup baginya untuk mempertahankan hidup.

(Foto: The Tico Times)

Semasa José memegang tampuk Pemerintah Uruguay untuk tahun 2010 hingga 2015, dia telah menyumbangkan 80% dari gaji bulanannya yang sekitar 175 jura rupiah untuk amal dan menjadikan José sebagai seorangg politisi termiskin di dunia.

Tidak hanya itu, José juga tidak tinggal di kediaman resmi presiden. Sebaliknya, dia tinggal di sebuah peternakan di luar kota bersama istri tercintanya dan hanya mengendarai mobil Volkswagon Beetle 1987.

(Foto : AP News)

Setelah tidak lagi menjabat sebagai presiden, José terus berkontribusi pada negaranya dengan menjabat sebagai Senator. Namun José mengundurkan diri sebagai Senator pada 14 Agustus lalu meskipun jabatannya sampai tahun 2020.

Namun demikian, José bertekad untuk terus berjuang melawan korupsi di negara ini meskipun ia tidak lagi memiliki kedudukan tinggi.

(Foto: Plaid Zebra)

“Ini sangat melelahkan setelah perjalanan panjang,” kata mantan pemimpin Uruguay berusia 83 tahun itu.

Apa yang lebih menyentuh hati dan membuat kita kagum dengan José adalah penolakannya untuk menerima uang pensiun. Dia menjelaskan bahwa pensiun harus disalurkan kepada banyak individu yang lebih membutuhkan .

(Foto : Your News Wire)

Berita tentang kepribadian José mulai menyebar ke seluruh dunia dan menarik perhatian orang di seluruh dunia, termasuk di negara kita. Ini sangat bertolak belakang dengan para pemimpin negeri ini, yang masih marak dengan praktik korupsi.

(Foto : TIME)

Mungkinkah di negeri ini akan lahir seorang pemimpin dengan jiwa seperti dia?.(yant)

Sumber: erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds