Erabaru.net. Buah jeruk adalah salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi di berbagai wilayah di dunia. Buah ini memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Uniknya lagi, masing-masing dari jenis jeruk mempunyai rasa yang berbeda-beda.

Jeruk dapat dikonsumsi secara langsung tanpa perlu diolah terlebih dahulu. Tapi jika Anda tidak suka mengonsumsi buah ini secara langsung, maka Anda bisa membuatnya menjadi jus sesuai dengan selera masing-masing.

Jeruk kaya akan vitamin C, dapat meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan elastisitas pembuluh darah kapiler, dan menurunkan kolesterol dalam darah.

Konsumsi jeruk sangat bermanfaat bagi mereka yang mempunyani gejala Hiperlipidemia, hipertensi, dan arteriosklerosis. Selulosa dan kadar pektin yang terkandung dalam jeruk dapat meningkatkan peristaltik usus, yang bermanfaat melancarkan BAB dan membuang zat-zat berbahaya di dalam tubuh.

Kulit jeruk yang rasanya pahit-manis bercampur kecut, dapat meredakan batuk dan mengencerkan dahak, jauh lebih baik daripada kulit jeruk kering. Dan juga obat yang ampuh untuk mengobati batuk, pilek, tidak nafsu makan, nyeri dada dan perut.

Untuk penderita asma dan batuk, buah yang paling cocok untuk dikonsumsi adalah jeruk dan semacamnya, karena buah-buahan ini dapat mengencerkan dahak, melembabkan paru-paru, dan meredakan batuk.

Khasiat dan manfaat jeruk

Menambah stamina tubuh

Minum jus jeruk setelah berolahraga, dengan kandungan fruktosanya yang melimpah dapat dengan cepat mengembalikan energi tubuh, sementara 85% kadar air-nya dapat mengurangi dahaga dan memulihkan stamina.

Sekedar catatan, buah jeruk yang telah diolah menjadi jus sebaiknya sesegera mungkin diminum, jika tidak oksigen di udara bisa dengan cepat mengurangi kandungan vitamin C nya dan akan lebih baik lagi kalau ditambahkan dengan sedikit garam, efeknya dalam menambah energi akan lebih terasa.

Mengencangkan dan menghaluskan kulit

– Siapkan kulit jeruk yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan baking soda dan oatmeal.
– Setelah masker kulit jeruk jadi, oleskan pada kulit dan pijat dengan gerakan melingkar, tunggu selama 20 menit dan cuci saat benar-benar kering.

Jemur kulit jeruk sampai kering kemudian tumbuk atau blender hingga halus, agar dapat Anda gunakan sebagai masker, scrub dan toner. Bubuk kulit jeruk ini bisa menjadi exfoliator yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati, mengurangi kelebihan minyak pada kulit wajah, menghilangkan noda hitam, mencerahkan kembali kulit yang kusam, serta dapat membuat kulit menjadi lebih lembut.

Untuk membuat toner, Anda bisa memasukkan kulit jeruk kedalam panci berisi air, masak dalam api kecil sampai mendidih. Lalu diamkan semalaman, setelah itu saring airnya dan disimpan di lemari es, kemudian gunakanlah sebagai toner.

Sedangkan untuk masker wajah, Anda bisa mencampurkan 1 sendok makan bubuk kulit jeruk, 1 sendok makan oatmeal, dan madu secukupnya. Aduk semua bahan hingga rata sampai mendapatkan tekstur yang tepat.

Lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat kemudian basuh kembali dengan air dingin.

Membantu menjaga sistem imun

Jeruk merupakan sumber vitamin C yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya. Satu buah jeruk berukuran sedang dapat memenuhi sekitar 72% dari kebutuhan harian vitamin C.

Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Vitamin C pada jeruk juga efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengangkat sel kulit mati

Jika ingin kulit tubuh Anda tampak lebih cerah dan halus, tak perlu mahal-mahal membeli losion atau produk kecantikan lain. Gunakan saja kulit jeruk untuk mencerahkan kulit.

Letakkan kulit jeruk di kain kasa dan gunakan sebagai spons saat mandi. Ini adalah cara paling sederhana untuk mengangkat sel kulit mati di tubuh Anda.

Mengatasi insomnia

Untuk mengatasi insomnia, manfaatkan minyak esensial yang terkandung dalam kulit jeruk. Kandungan ini dapat menenangkan saraf dan membantu Anda agar dapat tidur nyenyak.

Gunakanlah kulit jeruk dan masukkan ke dalam bak mandi yang berisi air hangat pada saat mandi sore atau sebelum tidur malam. Atau kamu bisa merebusnya di dalam panci bersama beberapa butir kayu manis dan kapulaga sampai keluar aroma dari rebusan bahan-bahan tadi.

Lalu, pindahkan pada baskom kecil dan simpan di samping tempat tidur. Aroma yang keluar dari air rebusan tadi dapat menenangkan suasana hati dan membantu anda tertidur lelap.

Tips memilih buah jeruk :

1. Perhatikan warna jeruk

Saat hendak membeli jeruk mandarin, pilihlah buah yang berwarna oranye gelap atau oranye mencolok. Karena, warna kulit tersebut menandakan bahwa buah jeruk memiliki tingkat kematangan yang sempurna. Namun, bila ingin membeli jenis jeruk lokal, pilihlah yang berwarna oranye kehijauan.

2. Tekan kulit jeruk

Ketebalan dari kulit jeruk juga menandakan cita rasa yang dimiliki oleh buah yang kaya akan vitamin C ini. Jeruk dengan kulit yang tebal cenderung memiliki kandungan air yang lebih sedikit, namun bercita rasa manis. Begitu pula sebaliknya, jeruk yang memiliki kandungan air yang banyak cenderung berkulit lebih tipis.

3. Pilih jeruk dengan kulit mengkilap

Saat memilih jeruk, letakkan buah tersebut di bawah sinar lampu. Jika kulit jeruk terlihat mengkilap saat terkena pantulan sinar lampu, maka buah ini memiliki kualitas baik dan dalam kondisi segar. Selain itu, kulit yang mengkilap juga menandakan bahwa jeruk memiliki tingkat kematangan yang baik dan bercita rasa manis.

4. Perhatikan tekstur kulit jeruk

Jeruk yang sudah matang memiliki ciri khas tertentu pada kulit buahnya. Hindari memilih jeruk yang kulitnya bertekstur tebal dan kasar karena kandungan airnya hanya sedikit dan memiliki rasa yang kurang segar. Sebaliknya, pilih jeruk dengan kulit yang halus dan mulus karena memiliki rasa manis dan menandakan sudah matang.

5. Pilih yang berat untuk ukurannya

Jeruk yang berat untuk ukurannya menunjukkan bahwa buah tersebut kaya akan sari buah. Jeruk yang ringan biasanya memiliki kulit yang lebih banyak dan daging lebih kering, sehingga sari buahnya tidak banyak.

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular