EpochTimesiId – Kebakaran gudang industri kimia beracun menerangi langit Melbourne, Australia, pada 30 Agustus 2018 pagi. Asap tebal membumbung di cakrawala kota, dan memaksa warga mencari tempat berlindung. Selain itu, sekolah-sekolah juga diperintahkan untuk tutup dan libur.

Pihak berwenang memperingatkan bahwa kebakaran mungkin tidak akan padam selama berhari-hari, seperti dilaporkan oleh AAP. Namun, mereka memastikan bahwa api harus dikendalikan hingga benar-benar padam.

Pemadam kebakaran setempat, Melbourne Metropolitan Fire Brigade (MFB) mengatakan bahwa kebakaran di kawasan West Footscray itu dimulai sekitar pukul 5 dinihari waktu setempat. Ada lebih dari 100 petugas pemadam kebakaran, yang kini berjuang melawan dan mengendalikan kobaran api agar perlahan padam dan tidak menjalar, menurut laporan ‘the Nine Network’.

Chief Executive Officer MFB, Ken Brown, mengatakan bahwa gudang itu mengandung aseton dan oxyacetylene. Zat kimia yang memberi bahan bakar pada api.

Kepala Perwakilan MFB, Greg Leach, mengatakan gudang itu berisi beban bahan bakar tinggi yang termasuk bahan kimia berbahaya. Dia mengatakan bahwa serangan air defensif oleh petugas pemadam kebakaran membuat gumpalan besar asap hitam membubung ke atas langit.

Petugas pemadam kebakaran juga sedang dikerahkan untuk meminimalisir paparan racun terhadap warga sekitar. Sementara pihak berwenang lain juga terus bekerja untuk mencari tahu jenis bahan kimia lain apa saja yang ada di dalam gudang yang terbakar.

Sebelas sekolah umum, 38 pusat pengasuhan anak, dan delapan sekolah Katolik di daerah yang terkena dampak terpaksa ditutup, AAP melaporkan. Penerbangan pesawat juga dialihkan dari daerah itu, menurut ABC.

“Ini adalah salah satu (kebakaran) yang terbesar yang pernah kami lihat di Melbourne untuk waktu yang lama,” kata Leach. “Kami menerima panggilan ke lokasi di sini sebelum jam 5 pagi. Apa yang kami hadapi adalah bangunan gudang besar yang sepenuhnya terbakar. Bangunan itu memiliki panjang sekitar 120 meter, dan lebar 70 meter.”

“Fokus kami adalah mencoba untuk melindungi bangunan di sebelahnya, mencegah bangunan berikutnya dari ancaman terbakar, sebelum kami fokus untuk mencoba memadamkan api,” sambung Leach.

Tetap di dalam ruangan
Komisaris Manajemen Darurat, Andrew Crisp meminta penduduk di sekitar area untuk tetap tinggal di dalam rumah, menutup pintu dan jendela, dan mengungsi atau tinggal jauh dari api.

“Jika Anda tidak perlu berada di area khusus ini, jangan pergi ke daerah ini,” katanya. “Kami tidak ingin melihat orang-orang bersikukuh (untuk melihat atau menonton). Keselamatan masyarakat sangat penting.”

Peringatan bahaya telah dikeluarkan untuk kawasan Altona, Altona East, Altona Gate, Altona North, Brooklyn, Footscray, Kingsville, Newport, Port Melbourne, Seaholme, Seddon, Kingsville Selatan, Spotswood, Sunshine, Tottenham, West Footscray, Williamstown, Williamstown Utara, dan Yarraville. (NTD.tv dan Reuters/MIMI NGUYEN LY/EPOCH TIMES/waa)

Simak juga, Pengakuan Dokter yang Dipaksa Panen Organ Hidup :

Share

Video Popular