Erabaru.net. Prosedur operasi itu sendiri beragam, mulai dari operasi ringan hingga operasi berat seperti pemisahan bayi kembar siam. Namun, dokter di negara ini mengambil prosedur operasi yang terbilang radikal dan ekstrem demi memberikan kualitas hidup yang lebih baik bagi pasien mereka.

Kakek berusia 72 tahun bernama John ini terinfeksi herpes simpleks, membuat mata kanannya perlahan-lahan kehilangan penglihatan, sehingga membuatnya sangat tidak nyaman dalam aktivitas sehari-hari. Sekarang dia hanya bisa mengandalkan cucunya saat bepergian.

Demi membantu kakek 72 tahun itu agar dapat melihat lagi, dokter spesialis bedah mulut dari University of New South Wales (NSW), Australia, menempuh jalur yang ta lazim. Menjahit gigi ke dalam bola matanya, atau Osteo-odonto-keratoprosthesis dalam istilah medis, yaitu prosedur medis untuk mengembalikan penglihatan pada pasien kornea dan okular yang paling parah.

Ini adalah sejenis operasi transplantasi kornea yang kompleks dan rumit, biasanya diperuntukkan bagi mereka yang mengalami penyakit mata yang ekstrim, dan hanya mereka yang tidak bisa menjalani operasi transplantasi kornea yang akan dipertimbangkan.

Selain itu, retina pasien juga harus sehat agar dapat menjalani operasi, dan tingkat keberhasilan operasi umumnya dikisaran 80% -90%.

Dokter mencabut salah satu gigi John dan mengebor lubang kecil di dalamnya untuk memasang lensa.

Tahap berikutnya, gigi tersebut kemudian dijahit ke pipi John dan didiamkan selama beberapa bulan. Dalam proses itu, jaringan tisu tumbuh menyelimuti gigi itu hingga ia mendapat suplai darah mandiri. Dengan begitu, ketika dipindahkan dari pipi John, ia memiliki jaringan kompleks yang hidup.

Setelah beberapa bulan, para dokter mengangkat gigi tersebut dan memasukkannya ke dalam kornea John. Sebagian kulit diambil untuk menyegel kornea baru dari gigi tersebut.

Dokter juga membuka kelopak mata John untuk memungkinkan lensa barunya itu bisa melihat lagi.

Meski terdengar mengerikan, John mengaku bahagia bisa kembali melihat setelah buta hampir dua dekade menderanya.(jhn/yant)

Sumber: moneyaaa.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular