Erabaru.net. Kebanyakan orang hanya mengenal buah sukun sebagai salah satu bahan makanan.Hanya segelintir orang yang mengetahui bahwa tanaman sukun, dimulai dari buah, daun, bunga, kulit batang hingga getahnya memiliki berbagai manfaat kesehatan, untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Sukun mengandung mineral dan vitamin yang lebih lengkap dengan kalori lebih rendah dibanding beras, sehingga cocok untuk dijadikan menu diet.

Sebuah penelitian di Hawai baru-baru ini juga membuktikan bahwa sukun memiliki kandungan serat yang tinggi, bahkan sampai 16 kali lipat dari nasi.

Selain buahnya, daun sukun juga dapat digunakan untuk mengobati hepatitis, miokarditis (Peradangan pada lapisan tengah dinding jantung), nefritis (radang ginjal), dan bahkan penyakit jantung.

Sementara di Taiwan, masyarakat di sana menggunakan akar dan batangnya untuk mengobati penyakit lever, sirosis dan hipertensi.

Manfaat dan Khasiat Buah Sukun :

Membuat kenyang lebih lama

Sukun mengandung serat dan karbohidrat yang tinggi. Bagi Anda yang ingin menjalani diet sehat, sukun dapat dijadikan pilihan tepat. Konsumsi buah sukun dapat meningkatkan asupan kalori serta rasa kenyang yang lebih lama.

Memenuhi gizi tubuh

Sukun adalah buah dengan nilai gizi yang tinggi, tidak hanya mengandung serat dan selulosa, tetapi juga protein, karbohidrat, serta berbagai mineral dan vitamin.

Nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah zat penting untuk metabolisme tubuh, yang secara efektif dapat meningkatkan aktivitas sel, meningkatkan metabolisme normal tubuh, dan memiliki manfaat besar untuk meningkatkan kebugaran fisik.

Sukun dapat menambah darah

Buah sukun mengandung Micronutrients, dengan kandungan zat besi yang paling baik yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan mengurangi gejala anemia, selain itu, kandungan kalsium pada buah ini juga relatif tinggi.

Mengonsumsi sukun sehari-hari memiliki manfaat besar bagi perkembangan tulang dan gigi. Banyak praktisi medis yang merekomendasikan buah ini untuk asupan sehat penambah darah.

Kandungan gizi buah sukun

Daging buah sukun memiliki tekstur padat berisi, aroma harum dan kaya nutrisi,kaya akan protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor dan mineral lainnya, serta vitamin dan tinggi serat.

Buah sukun yang dipanggang memiliki aroma harum seperti roti bakar, teksturnya lembut dan lezat, dengan rasa manis bercampur asam. Sukun memiliki efek antioksidan yang sangat tinggi.

Kandungan zat besinya jauh lebih tinggi dari daging merah. Selain itu, kandungan kalsiumnya dua kali lipat dari susu.

Efek samping daun sukun :

  • Menimbulkan kram otot.
  • Membuat tekanan darah menjadi lebih rendah.

Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau herbalis sebelum memulai menggunakan daun sukun sebagai obat herbal.

Disamping hal tersebut, Anda juga harus memperhatikan bagaimana cara memilih dan membuat ramuan herbal dari daun sukun yang benar seperti berikut ini :

  1. Pilih daun yang sudah tua atau yang berwarna kekuningan.
  2. Untuk hasil yang terbaik, petiklah langsung dari pohonnya daripada yang sudah jatuh ke tanah.
  3. Pilih daun yang masih segar dan tidak cacat (misalnya saja seperti berlubang dan kotor)
  4. Jika Anda ingin mengolah daun sukun untuk dijadikan obat herbal, maka gunakanlah daun sukun yang sudah kering.
  5. Gunakan panci stainless steel untuk merebusnya. Hindari penggunaan alat yang terbuat dari aluminium.

Untuk  cara membuat ramuan dari buah sukun bisa lihat di sini.

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds