Erabaru.net. Penimbunan cairan dalam jaringan atau lebih dikenal sebagai edema terjadi ketika tubuh mengandung cairan berlebih. Efeknya adalah terjadinya pembengkakan di tangan, kaki, pergelangan kaki.

Biasanya wanita mengalami pembengkakan selama kehamilan atau sakit bulanan sebelum haid. Banyak penyebab yang menyebabkan hal ini terjadi tetapi tidak serius.

Berikut makanan dan minuman yang bisa menyingkirkan kelebihan air dari tubuh.

1. Mentimun

(Foto: Yabibo / facebook , Smoothie Queen / facebook

Mentimun kaya akan kandungan air yang bisa mengeluarkan asam urat dari ginjal. Mentimun juga mengandung asam kafeat yang membantu menyingkirkan penumpukan air di bawah kulit. Karena mentimun adalah sayuran rendah kalori, ini adalah camilan yang bagus untuk siapa saja yang mencoba menurunkan berat badan.

2. Kranberi

(Foto: U.S. Department of Agriculture / facebook , GoodCare Clinics / facebook)

Kranberi adalah buah yang kaya antioksidan dan vitamin C. Ini membantu menghilangkan semua kelebihan air dari tubuh. Buah ini juga melindungi sel-sel tubuh agar tidak rusak oleh racun yang dihasilkan selama proses metabolisme tubuh.

3. Semangka

(Foto: Cookist / facebook, Bali Food Safari / facebook)

Semangka mengandung 92 persen air dan dilengkapi dengan berbagai mineral dan vitamin yang melancarankan aliran air kencing.

4. Seledri

(Foto: Shaila Rima / facebook, Vibe Bottle / facebook)

Selain melancarkan proses pencernaan dan mencegah terjadinya tekanan darah tinggi, seledri sangat membantu dalam proses pembuangan air berlebihan melalui air kencing.

5. Jahe

(Foto: Frank C. Müller / Wikipedia, Depositphotos.com)

Jahe dapat dianggap sebagai makanan yang dapat melancarkan aliran urine lebih efektif. Ini membantu proses pencernaan dan membuang semua racun berbahaya dari tubuh.

6. Wortel

Wortel kaya akan antioksidan dan vitamin yang memudahkan proses detoksifikasi tubuh. Wortel juga membantu dalam menjaga kadar gula dan kolesterol dalam tubuh.

7. Kayu manis

(Foto:The Gemini Kitchen / facebook , Depositphotos.com)

Salah satu manfaat kayu manis adalah mengendalikan selera. Ini juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan sebagai agen detoksifikasi yang baik untuk tubuh.

8. Asparagus

(Foto: Elya (talk) / wikipedia , Depositphotos.com)

Asparagus mengandung kalium tinggi dan mengurangi penumpukan air yang tidak perlu.

9. Teh hijau

Teh hijau adalah bahan alami terbaik untuk melancarkan urine. Studi menunjukkan bahwa minum teh hijau secara berkala mengurangi lemak di tubuh hingga 19 persen.

10. Dandelion

(Foto:Depositphotos.com)

Dandelion adalah sejenis bunga yang digunakan secara tradisional untuk memperlancar urine yang alami. Di Eropa, ekstrak dandelion digunakan untuk mengobati banyak masalah medis dan telah dikonfirmasi oleh Komisi E Jerman untuk mengurangi penumpukan air dalam tubuh.

Semoga dengan berbagi pengetahuan kesehatan ini akan memberi Anda gambaran tentang minuman atau makanan apa yang perlu Anda ambil dan kurangi sehingga tingkat kesehatan Anda tidak bermasalah.(yant)

Sumber: erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular