- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Lengan Bawah Seorang Pria dari Korea Selatan Terpaksa Diamputasi Setelah Infeksi dari Makan Sushi

Erabaru.net. Seorang pria tua di Korea Selatan terpaksa diamputasi setelah terinfeksi oleh bakteri yang mengancam jiwa yang didapatnya dari makanan laut mentah.

Pria berusia 71 tahun itu dilarikan ke rumah sakit di Jeonju, Korea Selatan pada bulan Juli lalu. Dia mengalami demam dua hari dan rasa sakit luar biasa yang timbul 12 jam setelah makan makanan laut mentah, menurut The New England Journal of Medicine.

[1]

Pria lansia, yang memiliki riwayat diabetes mellitus tipe 2 dan hipertensi dan sedang menjalani hemodialisis untuk penyakit ginjal stadium akhir, telapak tangannya melepuh berisi darah berukuran 3,5 cm x 4,5 cm, dan pembengkakan ekstrem pada punggung tangan dan lengan bawahnya.

[2]

Dokter segera melakukan operasi untuk mengalirkan cairan dari lepuhan. Setelah ekstraksi, dokter menguji cairan dan menemukan bahwa ia terinfeksi Vibrio vulnificus, bakteri Gram-negatif invasif dan sangat mematikan terkait dengan spesies yang menyebabkan kolera, IFL Science melaporkan.

[3]

Dokter kemudian mengobati pria dengan serangkaian antibiotik intravena. Namun, setelah 25 hari, ia mengalami lesi kulit yang kemudian berubah menjadi ulkus nekrotik. Dia menjalani operasi kedua kalinya untuk mengamputasi lengan bawahnya untuk menyelamatkan hidupnya.

Untungnya, operasi itu sukses dan pasien keluar dari rumah sakit tanpa komplikasi.

Menurut laporan dari The Korean Journal of Internal Medicine, infeksi Vibrio vulnificus menjadi perhatian kesehatan masyarakat di Korea Selatan dan Taiwan. Ratusan kasus terjadi antara bulan Juni dan November setiap tahun.

Pasien sering mengalami septikemia atau keracunan darah, yang didapat setelah memakan makanan laut mentah atau terkontaminasi dan memiliki luka terbuka yang terpapar air laut yang terkontaminasi, kata laporan itu.

Orang-orang dengan kondisi medis seperti sistem kekebalan yang terganggu dapat memiliki kemungkinan lebih tinggi mengalami komplikasi setelah terinfeksi.(yant)

Sumber: nextshark.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi: