Erabaru.net. Acara seremoni penutupan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (2/09/2018) malam. Acara ini diawali dengan aksi pesilat dari perguruan ISBI JAYA (Ikatan Silat Betawi Indonesia Jaya).

Di bawah guyuran hujan, tak menyurutkan para penonton secara antusias untuk menyaksikan rangkaian acara.

Seremoni penutupan Asian Games 2018, Minggu 2 September 2018 (Foto : Antara FOTO/INASGOC)

Rangkaian acara ini disertai dengan video call presiden Joko Widodo. Berbicara dari sebuah tenda tempat saat nonton bareng warga, di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Jokowi didampingi oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat, Tuan Guru Bajang Zainul Majdi dan warga.

Jokowi dalam videonya mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang membuat Asian Games sukses menjadi tuan rumah yang ramah. Jokowi menilai ini menjadi energi untuk membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang semakin maju dan besar.

Pada kesempatan itu, Jokowi menuturkan semangat kebersamaan, semangat untuk terus bangkit kembali. Walaupun Asian Games 2018 memang berakhir, kata Jokowi, tapi energi dan semangat Asia tidak akan padam.

Video call Jokowi di penutupan Asian Games 2018, Minggu 2 September 2018

“Inilah energi Asia yang sesungguhnya, bersatu membawa kebaikan kepada dunia,” kata Jokowi.

Untuk mengakhiri video callnya, Presiden Jokowi mengajak kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama berdoa untuk bangsa Indonesia yang di Lombok.

“Memberikan energi positif bagi Lombok, Nusa Tenggara Barat kembali pulih dan lebih baik,” kata Jokowi.

Seremoni penutupan Asian Games 2018, Minggu 2 September 2018 (Foto : Antara FOTO/INASGOC)

Penyanyi Indonesia yang ikut menyemarakkan adalah Afgan, Denada, Winky Wiryawan, RAN, Bunga Citra Lestari, J-Flow, Dira Sugandi, Isyana Saraswati, Siti Badriyah dan artis tenar Indonesia lainnya.

Kemeriahan seremini ini diramaikan dengan kehadiran dua boyband dari Korea Selatan. Mereka adalah Super Junior dan iKON.

Seremoni penutupan Asian Games 2018, Minggu 2 September 2018 (Foto : Antara FOTO/INASGOC)

Penggemar dua boyband ini kerap dijuluki ELF dan iKONIC. Mereka  menyaksikan konser bintang dambaaan dari artis korea ini.

Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) dalam siaran persnya menyatakan mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai secara eksklusif bertepat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) dengan salah satu pengisi acara Penutupan Asian Games 2018 asal Korea Selatan, Super Junior.

Diawali dengan sapaan “Apa Kabar”, Super Junior mengungkapkan perasaannya saat diundang untuk tampil di acara prestis penutupan pesta olahraga terbesar se-Asia ini.
“Jujur Saya dan member lainnya sangat terkejut sekaligus merasa senang dan terhormat dapat menjadi salah satu pengisi acara closing ceremony Asian Games 2018 ini bersama dengan artis-artis lainnya,” ungkap Leeteuk yang merupakan leader dari Super Junior.

Mereka juga menyebutkan bahwa Asian Games 2018 Jakarta Palembang sangat menyenangkan. Tak hanya diselenggarakan di Jakarta, tetapi juga Palembang. “Sebelumnya Korea Selatan telah menyelenggarakan Asian Games 2014 di Incheon dan kini Asian Games 2018 Jakarta Palembang sangat menarik dan menyenangkan. Selain di Jakarta, ada banyak pertandingan yang diselenggarakan di Palembang yang diikuti oleh atlet Korea Selatan,” tambah Leeteuk.

Seremoni penutupan Asian Games 2018, Minggu 2 September 2018 (Foto : Antara FOTO/INASGOC)

“Energy of Asia” yang merupakan slogan resmi dari Asian Games 2018 diakui oleh Siwon, Asia sebagai energi global. “Saya sekarang memahami makna dari slogan itu. Asia merupakan energi.

Menurut Saya, Indonesia tepat memilih slogan ini dan sangat keren. Memberikan sebuah energi adalah yang hal sangat penting,” ucapnya yang telah memposting foto dengan caption “Energy of Asia” di akun sosial medianya.

Seremoni penutupan Asian Games 2018, Minggu 2 September 2018 (Foto : Antara FOTO/INASGOC)

Sementara itu, kemenangan tim sepak bola putra Korea Selatan disambut meriah oleh seluruh seluruh member Super Junior. Sepak bola merupakan salah satu olahraga terkenal di Korea Selatan, dapat memenangkan medali emas di babak final melawan Jepang adalah hal yang membanggakan untuk Super Junior dan masyarakat Korea Selatan lainnya.

“Perolehan medali emas dari sepak bola ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami. Kami juga akan melakukan penampilan yang terbaik di penutupan Asian Games 2018 nanti dan tunggu penampilan kami,” jelas Leeteuk yang memiliki nama asli Park Jungsoo.

Seremoni penutupan Asian Games 2018, Minggu 2 September 2018 (Foto : Antara FOTO/INASGOC)

Selaku tuan rumah pada Asian Games 2018, Indonesia mantap diperingkat lima besar klasmen. Indonesia meraih 31 medali emas, 24 perak dan 43 perunggu. Berada di puncak klasmen RRT diikuti Jepang dan Korea Selatan. (asr)

Share

Video Popular