Erabaru.net. Pisang adalah buah yang tak asing lagi bagi kita, buah ini memiliki daging yang lembut dengan rasa yang manis dan disukai banyak orang. Orang Eropa menyebutnya “buah kebahagiaan” karena dapat meredakan depresi, selain itu, pisang adalah buah favorit bagi kaum hawa untuk program diet mereka. Pisang adalah buah yang sangat bermanfaat untuk kesehtan.

Pisang kaya akan pati dan serat yang tinggi yang dapat membantu memperlancar sistem pencernaan, meningkatkan motilitas gastrointestinal dan dapat mengobati sembelit.

Makan satu buah pisang saat sarapan, makan siang dan makan malam, dapat memberikan potassium yang melimpah pada tubuh, sehingga dapat mengurangi rasio pembekuan darah pada otak sekitar 21%.

Peneliti Jerman menuturkan, bahwa pisang dapat mengatasi depresi dan gangguan emosi karena dapat meningkatkan sekresi endorphin dari otak.

Bila Anda memiliki sejumlah keluhan fisik, seperti mudah lelah dan daya konsentrasi lemah, mengonsumsi buah pisang bisa menjadi alternatif. Buah ini mempunyai kandungan gizi yang tinggi, antara lain menyediakan energi yang cukup dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.

Pisang kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, besi, fosfor, dan kalsium. Mineral lain yang juga menonjol pada pisang adalah kalium. Kalium berfungsi untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh, kesehatan jantung, tekanan darah, dan membantu pengiriman oksigen ke otak.

Maka dari itu, buah pisang sangatlah tepat bila dikonsumsi oleh mereka yang ingin mempunyai jantung yang sehat, tekanan darah yang normal, serta otak yang cerdas.

Bagi para wanita hamil, buah pisang sangatlah dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur. Karena, kandungan asam folatnya yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk pembentukan janin.

Berikut adalah khasiat dari buah pisang:

1. Mengatasi depresi

Menurut survei yang dilakukan oleh MIND, bahwa diantara pasien penderita depresi, banyak yang merasa lebih baik setelah makan pisang. Hal ini terjadi karena pisang mengandung tryptophan, yakni sejenis protein yang akan diubah oleh tubuh menjadi serotonin, yang akan membuat kita menjadi rileks, memperbaiki suasana hati dan secara umum akan membuat kita merasa lebih nyaman.

2. Mengatasi anemia

Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk penderita anemia. Dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin, penderita anemia dapat merasakan kondisi tubuh yang membaik dan tidak mudah lelah.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi saat ini sangat umum menyerang manusia, akibatnya pun tidak main-main, bisa menyebabkan stroke. Oleh karena itu, untuk menjaga tingkat tekanan darah tetap dalam batasan normal konsumsilah pisang.

Buah pisang mampu menjaga tekanan darah dan menurunkannya jika sudah terlalu tinggi. Pisang mengandung potasium yang sangat tinggi, tetapi kandungan garamnya sangatlah rendah, buah ini adalah buah yang paling ideal untuk menurunkan tekanan darah.

4. Meningkatkan kemampuan otak

200 siswa di Twickenham (Middlesex Inggris) terbantu saat ujian karena memakan pisang pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Penelitian menunjukkan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa lebih bisa berkonsentrasi.

5. Mengatasi sembelit

Kandungan serat tentu sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Salah satunya adalah bermanfaat dalam mengatasi sembelit dan melancarkan kembali pencernaan. Konsumsilah buah pisang mulai saat ini untuk mendapatkan sistem pencernaan yang lebih sehat.

6. Angina (penyakit radang di dalam rongga hulu kerongkongan)

Pisang memiliki keasaman alami untuk tubuh, berkhasiat sebagai analgesik (obat untuk meredakan rasa nyeri tanpa mengakibatkan hilangnya kesadaran).

7. Mengurangi rasa gatal akibat sengatan serangga/nyamuk

Setelah digigit atau disengat oleh nyamuk/serangga, anda akan mendapati kulit anda berbentol-bentol dan mungkin juga gatal. Menggosok bekas gigitan serangga dengan bagian dalam kulit pisang dapat membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi pada kulit.

8. Mengatasi saraf tegang

Pisang mengandung kadar vitamin B tinggi sehingga membantu menenangkan sistem saraf dan mengurangi stres dengan kandungan potasiumnya.


9. Mengatasi penyakit lambung atau maag

Maag biasanya merupakan penyakit lambung yang terjadi tiba-tiba dengan waktu yang tidak terkira. Namun, banyak orang yang berkata kalau buah kuning ini memiliki zat aktif yang dapat meningkatkan kadar gas dalam lambung yang bisa mengakibatkan sakit maag, tapi faktanya, buah pisang justru membantu dalam mengatasi maag. Buah ini bisa dikonsumsi secara rutin dan dimakan jika rasa sakit maag kembali kambuh. Lakukan dengan tidak berlebihan dan lihat hasilnya.

10. Mengontrol suhu tubuh

Di berbagai negara, wilayah dan budaya, pisang digunakan sebagai sejenis buah untuk menurunkan suhu tubuh ketika terserang demam atau ketika cuaca panas.

Di Thailand, ibu hamil akan mengonsumsi pisang saat persalinan untuk membuat bayi merasakian kondisi lingkungan yang lebih sejuk ketika mereka lahir.

11. Berhenti merokok

Pisang dapat membantu berhenti merokok. Pisang mengandung vitamin B6 dan B12, juga mengandung potasium dan magnesium, yang dapat digunakan untuk berhenti merokok karena tidak ada lagi rangsangan nikotin.

12. Mengatasi stres

Asam triptophan yang dimiliki oleh pisang ternyata bisa berubah menjadi seretonin, sebuah hormon yang bisa memengaruhi suasana hati. Saat kita stres, tubuh cenderung akan membuang banyak kadar kalium pada tubuh dan membuat detak jantung menjadi lebih tinggi.

Konsumsi pisang yang kaya kalium akan kembali menyeimbangkan kadar kalium dalam tubuh sekaligus membuat pengiriman oksigen ke otak menjadi semakin lancar.

13. Mencegah stroke

Menurut penelitian di The New England Journal of Medicine, makan pisang sebagai bagian dari diet teratur dapat menurunkan risiko kematian karena stroke sebanyak 40%! Jadi mungkin sekaranglah saatnya untuk mengubah pandangan kita terhadap pisang dan makanlah pisang setiap hari, maka Anda akan berkata, ”Satu buah pisang sehari membuat dokter kehilangan pekerjaan!”

Tips memilih pisang yang bagus

1. Pilih yang berbintik coklat

Jangan terburu menganggap pisang yang berbintik coklat adalah pisang yang busuk. Sebaliknya pisang dengan bintik coklat adalah ciri pisang yang ranum dan manis. Bintik coklat ini biasa disebut dengan sugar spot. Buah pisang yang memiliki banyak sugar spot siap untuk dimakan dan diolah menjadi bahan kue.

2. Bentuk buah bulat

Buah pisang yang tua dan matang sempurna adalah yang permukaannya membulat sempurna. Hindari memilih pisang yang masih memiliki siku berwarna hijau sepanjang kulit, karena menandakan pisang masih muda.

3. Pilih tandannya yang segar

Ketika akan membeli pisang, perhatikan tandannya. Pilih tandan yang masih segar dan masih terlihat warna hijaunya. Hindari memilih pisang yang tandannya berwarna coklat atau kering, karena hal ini menandakan pisang sudah dipanen dalam waktu yang lama.

4. Berwarna kuning cerah

Kulit pisang yang matang berwarna kuning, tapi jangan asal berwarna kuning. Pisang yang matang sempurna berwarna kuning cerah dan merata.

5. Tekstur yang lembut

Pisang yang matang sempurna memiliki tekstur yang lembut bukan lembek. Pisang yang telah berwarna kuning tetapi memiliki tekstur yang keras berarti pisang tersebut dimatangkan dengan cara diimbuh. Tekan perlahan bagian daging pisang, jika terasa lembut maka pisang tersebut berkualitas baik.

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds