Erabaru.net. Pare adalah jenis sayuran yang digunakan sebagai obat. Sejak zaman dulu pare digunakan untuk merawat penderita diabetes (kencing manis) karena terbukti berkhasiat hipoglikemik melalui insulin nabati yang mengurangi kandungan gula dalam darah dan air kencing.

Tanaman yang tergolong jenis sayur ini, tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, daun, biji bahkan akarnya pun dapat dimanfaatkan sebagai ramuan obat-obatan yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Buah pare mengandung albiminoid dan karbohidrat. Daunnya mengandung momordisina, momordina, karantina, resin, dan minyak.

Senyawa yang terkandung dalam akar pare berupa asam momordial dan asam oleanoat. Sedangkan biji pare mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial.

Adanya kandungan zat kimia yang begitu banyak pada tanaman pare membuat tanaman ini mempunyai banyak manfaat dalam menyembuhkan penyakit seperti: diabetes (kencing manis), radang perut, disentri, bronchitis, lever, meredakan batuk, wasir, anemia, serta rabun malam.

Selain itu pare juga dapat mengobati rematik, bisul, memperlancar Air Susu Ibu (ASI), kreminen (terserang cacing kremi), demam pada ibu sehabis melahirkan (nifas), menyuburkan rambut, menghilangkan bekas luka, nyeri haid, melangsingkan tubuh serta mengobati penyakit kulit.

Untuk membuat ramuan pare ada di sini

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds