Washington – Mendengar kata-kata, “Tolong bantu temukan kebocoran udara!” Ketika bangun dari tidur tanpa bobot, mungkin terdengar seperti mimpi terburuk bagi astronot. Namun menurut NASA, kebocoran udara, yang ditemukan ketika astronot sedang tidur di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) baru-baru ini, tidak perlu dikhawatirkan.

Pengendali penerbangan di Bumi pekan lalu melihat tanda-tanda kebocoran tekanan udara di stasiun ruang angkasa. Tanda-tanda kebocoran terdeteksi dari Houston dan Moskow, sekitar pukul 19:00 malam, pada 29 Agustus 2018.

Lokasi kebocoran tidak diketahui. Tetapi meskipun potensi mematikan dari kebocoran besar, otoritas misi yakin bahwa kebocoran ini sangat kecil. Sehingga masih memungkinkan bagi kru dan astronot, untuk tetap bisa tidur.

Ketika mereka bangun, para kru mulai mencari lokasi kebocoran.

“Karena pengendali penerbangan memonitor data mereka, keputusan dibuat untuk memungkinkan awak Expedition 56 tetap tidur. Karena mereka tidak dalam bahaya,” kata posting blog Nasa/ISS.

“Ketika kru mulai bangun pada jam normal di pagi hari, pengendali penerbangan di ‘Mission Control Houston’ dan Pusat Kontrol Misi Rusia di pinggiran Kota Moskow memulai prosedur kerja untuk mencoba mendeteksi lokasi kebocoran.”

Seperti namanya, Stasiun Luar Angkasa Internasional diawaki oleh awak dari berbagai negara. Ada awak dari Amerika, Eropa, dan Rusia.

Enam kru akhirnya sukses menemukan kebocoran itu. Kebocoran yang tampaknya berada di sisi rusuk orbital Rusia, seperti dilaporkan oleh NASA.

“Pejabat program dan pengendali penerbangan terus memantau situasi saat kru bekerja melalui prosedur pemecahan masalah,” kata laporan NASA terbaru pada 30 Agustus 2018.

NASA baru-baru ini mengembangkan sistem untuk menemukan kebocoran. Sistem kerjanya sama dengan cara mekanik menemukan kebocoran pada ban karet, dengan mengidentifikasi tanda-tanda desisan dalam frekuensi yang tinggi atau sangat sering. (SIMON VEAZEY/The Epoch Times/waa)

Simak juga, Pengakuan Dokter yang Dipaksa Panen Organ Hidup :

Share

Video Popular