Erabaru.net. Bagi sebagian orang buah nektarin mungkin terdengar sangat asing, namun dengan buah persik, pasti banyak angg sudah mengetahuinya. Buah dengan sebutan prunus persica ini mirip buah persik. Hal ini karena buah nektarin masih tergolong dalam jenis buah persik. Maka tak heran jika bentuk buah nektarin ini mirip dengan persik. Lalu bagaimana cara membedakannya?

Tidak seperti buah persik yang memiliki bulu halus yang mengelilingi kulit buahnya, buah nektarin memiliki kulit yang halus cenderung seperti apel. Warnanya berwarna merah dan daging buahnya berwarna kuning jika sudah matang.

Kandungan nutrisi buah nektarin

Nektarin kaya akan nutrisi, mengandung 13% gula, 1,5% asam organik, dan 1,1% protein pektin. Setiap 100 gram dagingnya mengandung 12 mg vitamin C, fosfor 40 mg, kalsium 12 mg, zat besi 0,8 mg, dan magnesium 14,5 mg. Selain itu, buah ini juga mengandung 17 jenis asam amino dan karoten yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Nektarin kaya akan nutrisi, berkhasiat meredakan batuk, mengeluarkan dahak, menguatkan energi vital dan ginjal, dapat menurunkan tekanan darah. Dengan memakan buah ini, dapat membantu mendorong pertumbuhan dan meningkatkan kecerdasan otak anak-anak.

Nektarin juga dapat melembabkan usus, dan yang utama adalah dapat menambah darah, kadar gula dalam buah ini juga relatif tinggi, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak, Anda bisa menikmati buah yang harum-manis ini, tapi jangan memakannya secara berlebihan.

Khasiat buah nektarin

1. Nektarin berkhasiat menguatkan energi vital, sangat cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang lemah secara fisik, wajah kekuningan dan pemulihan pasca sakit.

2. Kandungan zat besi yang relatif tinggi, merupakan makanan tambahan yang ideal untuk pasien dengan anemia defisiensi besi, selain itu, nektarin juga kaya dengan kalium, sedikit natrium, sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang menderita gejala edema (penumpukan air dalam tubuh).

3. Ekstrak nektarin memiliki efek antikoagulan, dapat meredakan batuk, sekaligus menurunkan tekanan darah, dapat juga digunakan untuk pengobatan lanjutan bagi penderita hipertensi.

Selain itu, biji nektarin juga berkhasiat meningkatkan sirkulasi darah, melembabkan usus untuk melancarkan BAB, dan dapat digunakan untuk perawatan lanjutan untuk penyakit seperti amenore (tidak mendapat menstruasi) dan memar.

Tips memilih buah nektarin :

Perhatikan warnanya

Buah nektarin memiliki beragam jenis. Ada buah yang berdaging putih, kuning, merah dan lainnya.

Varietas nektarin lainnya mungkin hanya memiliki sebagian merah pada permukaannya, namun, seluruh permukaan buah nektarin berwarna merah cerah. Jadi saat memilih, perhatikan poin ini, pilihlah nektarin dengan warna merah terang.

Jika tidak ada buah nektarin yang sempurna dari sisi warna, Anda bisa pilih sebagian yang berwarna merah.

Lihat penampilannya

Banyak buah nektarin lainnya yang memiliki bulu, tetapi permukaan nektarin itu halus licin seperti minyak. Jadi kenali poin ini saat memilih nektarin. Selain itu, permukaan nektarin juga berbentuk melingkar yang relatif teratur atau berbentuk elips.

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds