Erabaru.net. Hidup itu tidak mudah, setiap keluarga memiliki problemanya masing-masing, semua orang banting tulang setiap hari demi sesuap nasi. Sementara, hidup itu juga singkat, jadi, jangan selalu sibuk secara membabi buta setiap hari tanpa tujuan yang jelas, pastikan arah/tujuan kerja keras Anda baru akan mencapai hasil yang optimal.

Jika ingin hidup bahagia dan bermakna, lakukanlah empat hal berikut ini dengan baik.

1.Kelola dengan baik keluarga Anda

Kita berjuang keras setiap hari, tujuan akhirnya adalah menemukan sebuah dermaga terakhir untuk bersandar, dan keluarga adalah pelabuhan yang hangat bagi kita. Yang paling penting dalam hidup seseorang adalah keluarga.

Punya uang dan berkuasa itu tidak bisa dikatakan sukses. Seseorang disebut sukses, jika bisa mengelola keluarganya dengan baik-bahagia.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa “Keluarga rukun-harmonis, segalanya pun akan berjalan dengan baik dan lancar”.

Untuk membangun keluarga yang harmonis dibutuhkan pengorbanan yang tulus dan komunikasi tanpa keegoisan dari semua anggota keluarga.

Setiap anggota keluarga harus memikul tanggung jawabnya masing-masing, keharmonisan keluarga dapat melancarkan rezeki, usaha makmur dan sejahtera, Karena itu, kita harus menghabiskan lebih banyak waktu dan kesabaran untuk mengelola bersama keharmonisan keluarga..

2. Berteman dengan sahabat yang tepat

Segala sesuatu di dunia diklasifikasikan berdasarkan jenisnya, misalnya jeruk, apel pisang digolongkan dalam jenis buah-buahan, sedangkan kangkung, bayam, sawi, wortel digolongkan dalam jenis sayuran.

Demikan juga dalam pergaulan manusia juga dibagi dalam beberapa kelompok berdasarkan ciri-ciri persamaan dan perbedaan. Dalam menjalin persahabatan, kita tetap harus berhati-hati ketika berteman. Jika tepat memilih teman, dia akan membantu, sebaliknya akan menggerogoti kalau keliru berteman.

Hindari sosok teman yang tahunya hanya bersenang-senang (bermain, pesta pora) dan suka berkeluh kesah sepanjang hari. Lebih banyak bergaul dengan teman-teman yang berkualitas dan punya prinsip hidup yang positif. Anda akan menemukan bunga jika mengikuti lebah, atau menemukan toilet jika mengikuti lalat (bergaul dengan orang yang positif, akan memberi efek positif, demikian juga sebaliknya).

Hargai teman-teman yang berani menunjukkan kekuranganmu dan membantumu saat kamu sedang mengalami kesulitan. Yang paling beruntung dalam hidup ini adalah bergaul dengan sosok sahabat yang tepat.

3. Menemukan posisi diri

Hal yang paling sulit dalam hidup adalah mengenal diri sendiri.

Jangan pernah meremehkan diri sendiri, karena setiap orang itu unik, Anda harus tahu bagaimana menghargai diri sendiri. Jangan terlalu melebih-lebihkan diri sendiri, karena Bumi tetap akan berputar tanpa Anda, jadi, harus belajar bersikap rendah hati.

Orang-orang yang benar-benar cerdas-bijaksana tahu persis siapa dirinya (kelebihan dan kekurangan), dia tidak akan secara membabi buta membandingkan-bandingkan atau pamer. Jalani dan nikmati saja hidup masing-masing, tidak penting apa pun yang diocehkan orang lain.

4. Jaga kesehatan diri

Tubuh adalah harta yang paling berharga dalam hidup setiap orang. Sebanyak apa pun harta Anda tidak dapat ditukar dengan tubuh yang sehat. Jika ingin memiliki tubuh yang sehat, Anda harus memupuk kebiasaan makan/minun yang baik dan kerja-istirahat yang teratur, tetapi yang paling penting adalah mentalitas.

Jangan memaksakan kehendak diri (keras kepala, kaku tidak fleksibel), jangan melawan arus/takdir (memaksakan diri terhadap sesuatu yang mustahil), pertahankan sikap optimis, kurangi emosi, sering-seringlah tersenyum ceria. Jalani keseharian Anda dengan suasana hati yang ceria adalah salah satu cara terbaik dalam menjaga fisik dan mental.

Segala sesuatu pasti ada yang mendesak dan diprioritaskan, pahami setiap poin utama dari masalah terkait. Kalau pun sibuk juga harus memiliki nilai dan makna dari kesibukan yang Anda kerjakan, manfaatkanlah waktu dan energi untuk hal-hal yang paling penting.(jhn/yant)

Sumber: pretties.news

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds