Erabaru.net. Asam jawa, asam atau asem adalah sejenis buah yang rasanya asam. Buah ini biasa digunakan sebagai campuran bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan, misalnya pada sayur asam. Asam juga digunakan untuk campuran jamu tradisional yang dijual oleh penjual jamu keliling.

Buah asam memiliki rasa asam dan memiliki efek penyejuk. Buah ini mengandung senyawa kimia, seperti gula invert, asam tartarat, asam sitrat, serine, β-alanin, Vitamin B3, geranial, limonene, peptin, proline, leusin, phenylalanine, dan pipecolic acid.

Daunnya mengandung stexin, iovitexin, dan isoorientin, sedangkan kulit kayunya mengandung zat tanin.

Daging asam jawa juga kaya akan kalsium, fosfor, besi dan senyawa lainnya, kandungan kalsiumnya menempati urutan pertama di antara semua jenis buah. Karena itu, asam jawa juga digunakan secara luas dalam bidang medis.

Apa saja manfaat dari asam jawa ini ?

Berdasarkan buku “Traditional Medicine of Yunnan, Tiongkok”, asam jawa memiliki khasiat dapat meredakan panas dalam, melancarkan pencernaan, mencegah heat stroke/sengatan panas, menambah nafsu makan dan menghilangkan mual semasa hamil.

Minum segelas jus asam jawa setiap hari dapat membersihkan tubuh dari racun, dan menyehatkan sistem pencernaan.

Asam jawa memiliki khasiat dapat membersihkan darah dan asam berlebih dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga bermanfaat menurunkan darah tinggi, mencegah mual, muntah, dan meredakan sakit kepala.

Asam jawa mengandung antibiotik yang dapat membunuh sejumlah bakteri, dan membersihkan tubuh dari kuman. Oleh karena itu, cukup banyak perusahaan farmasi yang menggunakan asam jawa untuk membuat obat.

Khasiat asam jawa untuk pengobatan

Dari berbagai catatan, asam jawa memiliki khasiat dapat mengatasi diare, gejala kembung, mengobati Skorbut (Suatu kondisi yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C), sebagai antiseptik, penghilang rasa sakit, peluruh kandungan (abortivum), penurun panas, penambah nafsu makan, sebagai astringen, dan tonik.

Berbagai manfaat lain dari asam jawa di antaranya :

  1. Dianjurkan agar dikonsumsi oleh penderita demam malaria dan jaundice (Sakit kuning)
  2. Membantu mengatasi flu, batuk, dan demam
  3. Membantu mengatasi hidung tersumbat dan mengencerkan dahak (dianjurkan agar dikonsumsi dengan air hangat)
  4. Membantu menjaga kesehatan mata (karotenoid)
  5. Membantu mengatasi mata kering dan gatal (polisakarida).

Untuk membuat ramuan dari asam jawa ada di sini.

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds