Erabaru.net. Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk.) adalah tumbuhan yang termasuk jenis tanaman sayuan dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di daerah berair. Kangkung sebagai bahan makanan semua orang pasti sudah mengetahuinya, tapi sebenarnya kangkung juga bermanfaat untuk obat.

Khasiat dan manfaat kangkung

Kangkung memiliki kandungan serat kasar yang sangat melimpah, terdiri dari selulosa, lignin, pektin dan komposisi lainnya.

Pektin dapat mempercepat pembuangan zat-zat beracun di dalam tubuh, sedangkan lignin dapat membersihkan sel-sel mati dalam tubuh, membunuh bakteri dan mengurangi radang, selain itu, kangkung juga dapat digunakan untuk menyembuhkan tukak, inas (bisul yang bentuknya saling terhubung) dan sebagainya.

Kangkung juga berkhasiat meredakan panas dalam, menguatkan ginjal, sangat cocok dikonsumsi di musim panas maupun gugur.

Hasil penelitian medis menyebutkan, bahwa kangkung mengandung kadar insulin yang dapat menurunkan gula darah dan dapat dijadikan sebagai terapi bagi penderita diabetes.

Di samping itu, kangkung juga merupakan bahan obat-obatan alami, menurut pengobatan kuno Tiongkok, kangkung memiliki khasiat meredakan panas, detoksifikasi, mendinginkan darah, menghentikan pendarahan, sebagai pencahar dan khasiat lainnya.

Menu “Tumis kangkung, jahe dan bawang putih” adalah menu masakan sehat yang lumayan nikmat, cara mengolahnya pun cukup praktis;

Tumis kangkung dengan jahe dan bawang putih. Kemudian tambahkan garam dan cuka secukupnya, aduk rata, dan hidangkan.

Makanan ini memiliki khasiat meredakan panas, mendinginkan darah dan sebagai detoksifikasi, menurunkan gula dan lemak darah, sangat cocok untuk penderita kolesterol tinggi, gula darah tinggi dan lemak hati.

Kangkung juga bergizi tinggi, jadi tambahkan dengan sedikit bawang putih saat mengolahnya, untuk menetralisir sifat dingin pada kangkung tersebut.

Tetapi karena sifatnya yang dingin inilah, bagi mereka yang berfisik lemah, tekanan darah rendah, limpa dan lambung lemah, dingin, serta tinja yang encer sebaiknya hati-hati ketika mengonsumsinya.

Selain itu kangkung juga dapat mengobati :

1. Hemoptisis dan epistaksis (perdarahan pada hidung)
2. Pembengkakan yang tidak diketahui secara jelas, memar dan nyeri
3. Mengobati demam panas pada anak-anak, dahaga, air seni kekuningan

Cara untuk membuat ramuan dari kangkung ada di sini !

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds