Erabaru.net. Labu kuning (Cucurbita moschata) salah satu buah yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan lezat. Memiliki tekstur yang lembut, buah dengan warna kuning cerah ini identik dengan perayaan Halloween. Tumbuhan ini berasal dari Benua Amerika, tetapi sekarang menyebar di banyak tempat yang memiliki iklim hangat.

Buah labu kuning berwarna oranye karena mengandung beta-karotena (salah satu provitamin A dan juga sebagai antioksidan). Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang mirip bintang, berbiji besar dan berwarna coklat atau putih. Daging buahnya renyah, rasanya manis dan sedikit asam. Daun muda labu juga dapat dibuat sebagai sayur.

Selain enak, ternyata buah ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Bagian yang dapat dimanfaatkan dari buah ini, yaitu daun, buah dan biji. Daun muda bisa digunakan sebagai lalapan, dan buahnya bisa digunakan sebagai sayuran.

Buah labu kaya akan beta-karoten, vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, natrium serta mengandung Vitamin A dan seng. Nutrisi pada buah ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, buah ini juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, meredakan panas dalam, mencegah jantung koroner, dan cacingan.

Berbagai manfaat buah labu kuning diantaranya adalah:

Meningkatkan sistem imun

Labu mengandung karotenoid yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari gangguan virus dan bakteri.

Sebagai antioksidan

Labu kaya akan beta-karoten yang berperan sebagai anti-oksidan dan anti-inflamsi yang kuat. Beta karoten juga membantu dalam mencegah pengendapan kolesterol pada dinding arteri dan menurunkan resiko stroke.

Anti penuaan

Selain mengandung beta karoten, labu juga mengandung vitamin A, C, dan seng yang berfungsi memperlambat proses penuaan dan mencegah katarak.

Membantu sistem pencernaan

Labu mengandung kadar serat yang tinggi, sehingga dapat menghilangkan racun pada sistem pencernaan.

Menjaga kepadatan tulang

Labu mengandung seng yang baik bagi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kepadatan tulang. Oleh karena itu, orang yang mempunyai risiko osteoporosis, makanan sehat ini wajib untuk dikonsumsi.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, buah labu dimanfaatkan sebagai obat herbal yang berkhasiat menguatkan energi vital, anti-inflamasi, penghilang rasa sakit, sebagai detoksifikasi dan sebagainya.

Berikut khasiat labu untuk mengobati beberapa penyakit :

Khasiat daging buah labu

  • Menguatkan organ limpa
  • Mengatasi diabetes
  • Mencegah kanker
  • Menurunkan dorongan darah tinggi
  • Mengatasi stroke

Khasiat dari biji labu

  • Mencegah penyakit ginjal
  • Mengatasi influenza


Khasiat dari daun labu

  • Meredakan panas dalam
  • Menghentikan pendarahan
  • Mengobati disentri

Untuk ramuan buah labu, ada di sini.

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds