Erabaru.net. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meresmikan deklarasi kampanye damai pemilihan umum serentak 2019 yakni Pemilu Legislatif, DPD RI dan Pemilu Presdien di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (23/9/2018).

Hadir pada peresmian dua pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2019 yakni Joko Widodo-Maruf Amin dengan nomor urut 01 dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan nomor urut 02.  

Deklarasi kampanye damai mengangkat tema “Kampanye Anti SARA dan Hoax untuk menjadikan pemilih berdaulat agar negara kuat.”

Sebelum deklarasi dimulai dengan pawai kedua pasangan capres dan cawapres serta seluruh pimpinan partai politik. Pawai ini kemudian diikuti oleh peserta pawai yang terdiri simpatisan seluruh partai politik.

Acara deklarsi damai dimulai dengan pelepasan balon ke udara yang dipimpin oleh Ketua KPU RI Arief Budiman. Selanjutnya para pimpinan parpol dan pasangan capres dan cawapres menerbangkan burung merpati bersama-sama.

Selanjutnya pasangan capres cawapres, seluruh pimpinan parpol dan calon perseorangan DPD RI menandatangani prasasti kampanye damai.

Hanya saja, Ketum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono tak meneken komitmen kampanye damai. SBY terlihat walkout dan meninggalkan barisan arena deklarasi damai sebelum seluruh pimpinan parpol lainnya menandatangani prasasti damai.

Berikut komitmen deklarasi kampanye damai yang ditandatangani capres cawapres, pimpinan parpol dan perseorangan DPD RI :

1.Mewujudkan Pemilu yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil

2. Melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, politisasi SARA dan politik uang

3. Melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan undang-undang yang berlaku

Deklarasi ini menandai diawalinya masa kampanye Minggu (23/9/2018) hingga 13 April 2019 mendatang. (asr)

Share

Video Popular