Erabaru.net. Ini adalah kejadian nyata yang dialami oleh seorang remaja Sulawesi.

Remaja ini terombang-ambing selama 49 hari. Benar-benar seperti cerita dalam film survival di lautan Cast Away.

Seperti ditulis dari BBC, Senin (24/9/2018), remaja ini bernama Aldi Novel Adilang. Selama di lautan dia bertahan dengan meminum air laut dan memasak ikan yang dia pancing .

Kejadian yang tak disangka dialaminya terdampar di lautan ketika rakit yang dinaiki berada di 125 km lepas pantai Indonesia diterpa angin kencang. Hingga akhirnya tambatan rakitnya patah dan terombang-ambing di lautan.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal merinci Aldi Novel Adilang hanyut ke perairan Guam sejak tanggal 14 Juli 2018.  

Remaja Sulawesi yang terdampar di lautan sendirian (Facebook KJRI OSAKA)

Menurut Iqbal, Adi bekerja sebagai penjaga lampu di Rompong (penangkaran ikan di laut) yang terletak sekitar 125 km dari pesisir utara Manado.

Setelah sekian lama terdampar di lautan, Adi akhirnya berhasil mengirim sinyal radio darurat  setelah melihat kapal Panama, MV Arpeggio.

Setelah sinyal radio darurat yang dipancarkan diterima,  Adi yang ternyata sedang berada di perairan Guam langsung dijemput.

Melansir dari laman Facebook KJRI OSAKA, Adi yang diketahui berusia 19 tahun dijemput oleh kapal berbendera Panama, M.V. Arpeggio, pada 31 Agustus 2018.

Remaja Sulawesi yang terdampar di lautan sendirian (Facebook KJRI OSAKA)

KJRI Osaka selanjutnya menjemput Aldi pada 6 September 2018 di Tokuyama, Prefektur Yamaguchi, Jepang setelah kapal bersandar untuk memastikan Aldi dalam kondisi yang baik.

Hingga selanjutnya KJR Osaka mengawal hingga mendapat izin kepulangan ke Indonesia dari otoritas imigrasi Jepang.

Pada 8 September 2018, KJRI Osaka telah mendampingi kepulangan Aldi ke Manado dengan Garuda Indonesia melalui Tokyo.

Remaja Sulawesi yang terdampar di lautan sendirian (Facebook KJRI OSAKA)

Saat ini Aldi telah berkumpul dengan keluarganya di Wori, Manado, Sulawesi Utara dan dalam keadaan sehat.

KJRI Osaka mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu proses penyelamatan hingga kepulangan Aldi dengan selamat ke Tanah Air. (asr)

Sumber : BBC, Facebook KJRI Osaka

Video Rekomendasi :

Share

Video Popular