Erabaru.net. Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

Sejak dulu hingga sekarang, semangka dianggap sebagai buah terbaik untuk mencegah heat stroke (sengatan panas Matahari). Oleh karena itu, di musim panas yang terik ini, menikmati semangka dengan takaran yang pas, bukan hanya dapat menambah nafsu makan, melancarkan pencernaan, menghilangkan dahaga dan gejala heat stroke, tetapi juga memperlancar buang air kecil, meningkatkan metabolisme tubuh, melembabkan kulit, dan melengkapi kebutuhan gizi.

Semangka kaya akan nutrisi, mengandung protein, karbohidrat, serat kasar, kalsium, fosfor, besi, nitrogen, kalium, natrium, magnesium, seng, mangan, boron, tanin, vitamin A, vitamin B, vitamin C, karoten, Thiamin, riboflavin, niasin, asam askorbat dan citrulline, arginin, alanin, gamma-aminobutyric acid, asam glutamat dan multi asam amino lainnya serta asam fosfat, asam malat, butyraldehyde, etilena glikol dan nutrisi lainnya .

Khasiat semangka untuk pengobatan

Semangka, bersifat dingin, dengan rasa manis dapat menambah selera makan dan memperlancar saluran kemih. Meredakan panas dalam, mencegah heat stroke, menghilangkan dahaga, menurunkan tekanan darah, menawar racun dan khasiat lainnya. Efektif menyembuhkan sakit tenggorokan, sariawan, sakit gigi, demam dan infeksi saluran kemih, nefritis edema, hipertensi dan gejala penyakit lainnya.

Biji semangka, berbentuk pipih dan rasanya manis. Mengandung lemak sehat yaitu asam lemak omega 3 dan omega 6, protein, vitamin B2, serat kasar dan sebagainya. Dapat membersihkan paru-paru dan melembabkan usus, mengurangi dan mengencerkan dahak, selain itu juga berkhasiat mengobati batuk menahun, sembelit dan sebagainya.

Semangka memiliki khasiat terapi, terutama berkhasiat meredakan panas dalam dan melancarkan saluran kemih.

Untuk membuat ramuan semangka ada di sini.

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds