Misteri Seputar Hilangnya Artis Tiongkok Fan Bingbing

BEIJING — Kantor manajemen milik artis pemain X-Men, Fan Bingbing, di Beijing gelap dan terabaikan. Hari lahirnya berlalu hampir tak ada komentar di lingkungan media sosial yang super reaktif.

Bagi salah satu dari bintang terkenal di Tiongkok dan aktris Hollywood yang sedang naik daun, menghilangnya Fan sangat memukau, muncul di tengah-tengah dugaan penipuan pajak dan mungkin pelanggaran lain yang bisa membuatnya bertentangan dengan otoritas Tiongkok.

Fan telah membintangi puluhan film dan serial TV di Tiongkok dan paling dikenal secara internasional untuk perannya sebagai Blink pada tahun 2014 di film “X-Men: Days of Future Past”, sebuah peran cameo (penampilan singkat selebritis terkemuka) dalam versi Tiongkok dari “Iron Man 3,” dan bintang yang menyalakan karpet merah di Cannes baru-baru ini bulan Mei. Dia dipesan untuk membintangi bersama Penelope Cruz di film Hollywood “355” dan memiliki peran dalam fitur Bruce Willis-Adrien Brody yang akan datang di film “Air Strike.”

Namun selama hampir tiga bulan, Fan belum pernah terlihat atau terdengar di depan umum dengan cara apa pun yang dapat diverifikasi.

Salah satu penghibur terkaya di Tiongkok, Fan menarik puluhan juta dolar untuk perannya, bersama dengan jumlah besar dalam biaya penampilan dan dukungan-dukungan produk. Beberapa dari kontrak tersebut mungkin telah membuatnya dalam masalah dengan pihak-pihak berwenang.

Nama Fan telah disebut dalam sebuah laporan tentang praktik-praktik dalam industri hiburan yang dilaporkan secara umum, seorang artis yang memiliki kontrak publik yang menyatakan gaji resmi dan kontrak pribadi yang merinci pembayaran yang benar-benar lebih tinggi. Seorang pembawa acara bincang-bincang, Cui Yongyuan telah mengatakan pada bulan Mei bahwa Fan memiliki pengaturan seperti itu, dimana diduga membantu memfasilitasi penggelapan pajak, dan mengungkapkan rincian-rincian yang telah memicu kecaman publik. Cui kemudian meminta maaf.

Di kantor manajemen Fan di distrik Dongcheng Beijing, pintunya terkunci, lampu padam, dan kalender yang tergantung di samping poster-poster yang mengiklankan tayangan film-film Fan masih menunjukkan bulan Juli. Seorang pekerja di sebuah kantor di seberang lorong mengatakan dia tidak dapat mengingat kapan terakhir kali dia melihat seseorang memasuki tempat perusahaan tersebut.

Fan menginjak umur 37 pada 16 September, tetapi hanya segelintir tokoh hiburan mengirim ucapan secara online, sebuah jeda yang dingin dibandingkan masa lalu ketika perayaan ulang tahunnya yang mewah, dengan banyak dihadiri oleh relasi-relasi bisnis, ditandai tahun lalu oleh lamaran nikah secara terbuka dari pacar Li Chen.

Ucapan ulang tahun otomatis di akun yang dulu aktif di Weibo, layanan mikroblog utama Tiongkok, tampaknya telah dihapus oleh orang yang tidak dikenal.

Shi Shusi, kolumnis dan komentator tentang budaya terkenal Tiongkok, menunjukkan bahwa profil tenar Fan adalah kegagalannya, membuatnya menjadi target bagi para pejabat yang ingin memberikan contoh bagi calon penipu pajak di tengah ekonomi Tiongkok yang melambat.

“Aktris yang terkenal dan tidak ada yang tahu keberadaannya. Dan tidak ada otoritas yang membuat klarifikasi. Ini adalah ketegangan yang nyata,” kata Shi.

Hilangnya Fan bahkan membawa pesan keprihatinan dari Hu Xijin, editor tabloid Global Times yang terkenal karena opini-opini nasionalisnya yang pro partai komunis garis keras.

“Klarifikasi yang tepat waktu dan pemberitahuan publik tentang status Fan Bingbing juga akan bermanfaat untuk menetapkan catatan secara internasional,” tulis Hu di akun Weibo-nya pada 15 September.

Kembali pada bulan Juni, perusahaan produksi milik Fan telah menyangkal bahwa Fan pernah menandatangani kontrak “yinyang”, dinamakan demikian karena sifat gandanya. Fan, perusahaan produksinya dan wakilnya tidak dapat dihubungi untuk komentar yang lebih baru. Polisi jarang mengakui penyelidikan semacam itu sedang berlangsung sampai sebuah kesimpulan tercapai.

Fan Bingbing
Aktris Tiongkok Fan Bingbing berpose setelah memenangkan Penghargaan Aktris Terbaik dari Penghargaan Film Asia di Hong Kong, pada 21 Maret 2017. (AP Photo / Kin Cheung)

Hilangnya dia terjadi ketika otoritas Tiongkok berusaha untuk mengendalikan gaji-gaji tinggi bagi para artis yang dapat menghabiskan banyak biaya produksi. Pada bulan Juni, regulator membatasi gaji artis yang membintangi pada 40 persen dari keseluruhan anggaran produksi acara TV dan 70 persen dari total yang dibayarkan kepada semua aktor dalam sebuah film.

Meskipun Tiongkok telah menjadi pasar film terbesar kedua di dunia, pihak berwenang tetap mengontrol ketat produksi lokal, menggunakan keputusan akhir atas pilihan pemain, sutradara dan naskah. Jika Fan telah menyinggung perasaan atau mengecewakan pejabat, itu akan menjadi tugas yang sederhana untuk membalas dengan menghancurkan karirnya, dengan otoritas Tiongkok menggunakan kekuatan yang luas untuk menahan, menginterogasi dan menuduh warga atas hilangnya dari mata publik.

Selebriti lainnya telah berbenturan dengan pihak berwenang atas penggunaan narkoba, penghasilan yang berlebihan atau masalah pajak, kata Shaun Rein, direktur pelaksana China Market Research Group yang berbasis di Shanghai.

“Selanjutnya pemerintah benar-benar menidak keras dan cukup banyak menghancurkan karir mereka selama beberapa tahun jika tidak selamanya,” kata Rein. Perusahaan yang bertaruh besar pada daftar selebriti-selebriti Tiongkok menimbulkan “risiko politik yang sangat besar,” katanya.

Terkenal karena kecantikan klasik Tiongkok dengan mata almond dan kulit porselen, Fan, 36 tahun, biasanya mempertahankan kehadiran yang menonjol di Weibo, di mana ia memiliki lebih dari 62 juta pengikut. Namun, akunnya sebagian besar tidak aktif selama berminggu-minggu, pada 26 Juli “like” tentang posting di yayasan amal yang menjadi kegiatan terakhir sebelum penghapusan pemberitahuan ulang tahunnya. Foto-foto di media sosial juga muncul untuk menunjukkan dia mengunjungi bangsal jantung anak di rumah sakit Shanghai untuk acara amal pada 1 Juli.

Petunjuk terkuat untuk status Fan mungkin adalah pemberitahuan 6 September yang diposting di situs web Daily Securities, surat kabar yang diterbitkan oleh Economic Daily. Ia menyatakan bahwa biro pajak setempat telah mengirim pemberitahuan ke studio Fan bahwa dia telah “berada di bawah kendali”, sebuah istilah hukum untuk ditahan dalam penyelidikan. Artikel tersebut kemudian telah dihapus dari situs web.

Hilangnya Fan telah menyebabkan kerusakan secara bertahap sampingannya yang menguntungkan sebagai duta merek, yang membuat rencana perusahaan-perusahaan tersebut berantakan. Merek vitamin Australia Swisse mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa pihaknya menangguhkan penggunaan citranya dan “terus memantau situasi dan berharap bahwa itu terselesaikan dalam waktu dekat.”

Raksasa berlian Inggris De Beers, yang menandatangani kontrak dengan Fang tahun lalu, tampaknya telah pindah: aktris lain, Gao Yuanyuan, mewakili perusahaan tersebut di sebuah toko yang dibuka bulan lalu di ibukota kuno Xi’an. Perusahaan-perusahaan lain yang didukungnya, mulai dari King Power yang bebas bea, sampai Louis Vuitton, dan Montblanc juga sedang mengambil keputusan.”

“Ada lebih banyak risiko bagi para selebriti di Tiongkok daripada di Amerika Serikat, karena pemerintah mengambil lebih banyak tindakan keras secara moral,” kata Rein dari China Market Research. “Jadi ada risiko yang lebih besar bagi selebriti untuk mendapat masalah dengan hukum dan tidak pernah bisa mendapatkan kesempatan untuk menebus.” (ran)

https://www.youtube.com/watch?v=gl4ZBazsxU8