Erabaru.net. Baru-baru ini, viral sebuah video luar biasa di internet yang menunjukkan bagaimana sebongkah batu misterius bisa melelehkan sebatang paku!

Klip video ini telah diunggah ke YouTube dan memicu berbagai reaksi dari netizen. Video berjudul ‘Penemuan Batu Aneh yang Bisa Mencairkan Logam’ ini telah dimuat oleh The Hidden Underbelly dan berhasil membuat penonton bertanya-tanya bagaimana ia bisa terjadi.


Menurut The Hidden Underbelly, batu hitam yang aneh itu ditemukan oleh seorang tentara di Myanmar. Prajurit itu mengklaim bahwa dia duduk di sebelah batu dan menyadari senjatanya mulai mencair.

Banyak yang bertanya-tanya dan beberapa telah datang dengan berbagai pandangan dan teori mereka. Misalnya, pengguna YouTube yang dikenal sebagai Emily Nelius memberi komentar:

“Ini adalah peninggalan dari orang-orang dari peradaban kuno.”

Namun, ada beberapa fakta yang juga diuraikan oleh para netizen. Alex Kasprak menyatakan bahwa cairan besi atau logam akan berubah menjadi warna kemerahan saat meleleh. Berbeda dengan paku di video, mereka tetap perak saat meleleh.

Dengan demikian, para ahli mengungkapkan bahwa ada kemungkinan bahwa paku terbuat dari sejenis bahan yang dikenal sebagai galium. Gallium adalah logam lunak yang terlihat sama dengan aluminium dan umumnya digunakan dalam sirkuit elektronik.

Fakta menarik tentang galium, itu akan tetap dalam bentuk padat ketika pada suhu kamar tetapi akan sangat lembut sehingga dapat dipotong dengan pisau.

Gallium juga meleleh pada 29,8 ° C. Dengan kata lain, itu akan terus mencair segera setelah Anda menyentuhnya dengan tangan Anda.

“Paku itu mungkin terbuat dari galium. Bahkan, jika Anda menghasilkan logam yang terbuat dari 75% galium dan 25% indium, itu akan meleleh pada 15 derajat. Ini berarti Anda bisa mencairkannya di atas batu, “kata Profesor Sir Colin Humphreys dari Universitas Cambridge.

“Itu bukan misteri, sains bisa menjelaskannya.” (rpg)

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular