Erabaru.net. Inggris dan Uni Eropa pada beberapa hari lalu mengumumkan bahwa Inggris tetap bersedia untuk mempertahankan kerjasama di bidang keamanan dengan Uni Eropa walaupun telah memisahkan diri dari organisasi tersebut.

Kesepakatan tentang Brexit Inggris dengan Uni Eropa itu optimis bisa tercapai pada musim gugur tahun ini.

  

Menurut Michel Barnier, Negosiator Utama Eropa untuk Perundingan Keluarnya Inggris dari Uni Eropa terkait isu-isu keamanan internal, mereka berencana menjalin kerjasama berskala besar dengan Inggris sebagaimana yang mereka harapkan.

Tidak seperti peringatan keras yang sebelum ini sering dilontarkan oleh Uni Eropa terhadap Inggris, Uni Eropa kali ini lebih lunak dan menekankan untuk mempertahankan kerjasama keamanan yang erat dengan Inggris, terutama untuk isu perbatasan Irlandia Utara yang sensitif.

Inggris dan Uni Eropa berharap dapat menyelesaikan seluruh kesepakatan sebelum diadakannya pertemuan Dewan Eropa pada bulan Oktober mendatang, sehingga kedua parlemen dapat mensahkannya sebelum batas akhir Brexit yang sudah ditetapkan. Batas akhir itu ditetapkan akhir bulan Maret tahun depan.

Michel Barnier mengatakan bahwa mereka akan terus bekerja untuk memperkuat dan mempercepat negosiasi.

“Saya pikir pada dasarnya kita telah melakukannya dengan baik, dan saya percaya bahwa kedua tim juga termotivasi untuk menyelesaikan urusan Brexit ini sebelum pertemuan Dewan Eropa,” katanya.

Barnier menjelaskan sampai sekarang masih ada beberapa faktor tidak menentu yang mengganjal, tapi dia berusaha untuk mencapai kesepakatan sebelum waktu itu.

Dirinya tetap optimis karena tercapainya kesepakatan itu sudah di depan mata. (sin/rpg)

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular