Erabaru.net. Sistem inovatif terbaru ini menantang pertanian tradisional dan mungkin sistem pertanian paling efektif yang pernah dibuat sejauh ini.

Menggabungkan dua sistem pertanian menjadi satu sistem yang komprehensif, aquaponik adalah hasil dari integrasi akuakultur dan hidroponik bersamaan.

Akuakultur adalah budidaya ikan, krustasea, moluska dan tanaman air lainnya. Sementara itu, hidroponik adalah metode menanam tanaman atau tanaman tanpa menggunakan tanah. Ini menggunakan pelarut air yang mengandung larutan nutrisi mineral sebagai media alternatif untuk tanah.

Dengan menanam ikan dan tumbuhan bersama-sama dalam satu sistem, ini menciptakan sebuah lingkungan di mana limbah jauh lebih sedikit diproduksi dan rantai makanan membantu ikan dan tanaman tumbuh dengan lebih baik.

Ikan menciptakan limbah yang dapat dimanfaatkan oleh tanaman, seperti bagaimana pupuk bermanfaat bagi tanaman.

Mikroba dan cacing hadir di air membantu mengubah kotoran ikan menjadi nitrat, suatu bentuk nitrogen yang dapat digunakan tanaman.

Sebagai imbalannya, tanaman secara alami dapat menyaring air untuk ikan, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk mengeluarkan air setiap hari.

Tidak seperti dalam budidaya tradisional, air biasanya memiliki konsentrasi amonia yang tinggi karena kotoran ikan. Dalam aquaponik, mikroba dan cacing akan melakukan pekerjaan mereka dan mengubahnya menjadi nitrat yang berguna untuk tanaman.

Sistem ini juga hanya menggunakan sekitar dua persen dari jumlah total air yang digunakan dalam pertanian tradisional karena tanaman dan ikan bergantung pada air yang sama.

Luar biasa, bukan?

Tonton video lengkap tentang aquaponik ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang sistem pertanian luar biasa ini.

New Farming

This system is changing traditional farming.

Posted by GIGadgets on Saturday, February 17, 2018

Menarik bukan? (yant)

New Farming

This system is changing traditional farming.

Posted by GIGadgets on Saturday, February 17, 2018

Sumber: gtgoodtimes.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds