Istanbul – Sedikitnya sembilan belas orang, termasuk anak-anak, tewas ketika sebuah truk yang membawa imigran gelap jatuh ke jurang di provinsi Izmir, Turki barat pada Minggu (14/10/2018). Para korban tewas adalah para imigran gelap yang sedang berupaya menuju negara-negara maju di Eropa barat, seperti dikabarkan kantor berita negara, Anadolu.

Bangkai truk yang ringsek akibat terguling terlihat berada di dasar jurang sedalam 20 meter di bawah jalan raya. Bus tampaknya jatuh setelah menabrak penghalang, berdasarkan video dan foto yang diterbitkan oleh Anadolu.

Sementara menurut kantor berita swasta, Demiroren (DHA), para penumpang truk adalah warga negara asing yang telah mencapai kesepakatan dengan para kartel perdagangan orang. Mereka akan diselundupkan dengan kapal ke pulau Samos Yunani, di lepas pantai selatan Izmir.

Belum jelas dari negara mana para korban kecelakaan berasal. Turki menjadi salah satu titik jalur utama bagi lebih dari satu juta imigran gelap yang mengambil rute laut dalam upaya menembus wilayah UE pada tahun 2015. Banyak pengungsi yang melarikan diri dari konflik dan kemiskinan di Timur Tengah dan Afrika.

Masuknya imigran gelap secara signifikan dibatasi oleh kesepakatan 2016 antara Ankara dan Uni Eropa. Itu setelah ratusan imigran tewas ketika menyeberang ke pulau-pulau Yunani yang terletak hanya beberapa mil dari pantai Turki.

“Pengemudi truk kehilangan kendali atas kendaraan dan jatuh sekitar pukul 8 pagi (0500 GMT) di distrik Gaziemir, dekat bandara selatan kota Izmir,” lapor DHA.

Seorang koresponden CNN Turk di tempat kejadian mengatakan pekerja darurat telah bekerja untuk mengevakuasi jenasah korban tewas. Mereka juga masih berupaya mengevakuasi korban luka yang masih terjepit di bawah truk.

DHA mengatakan lima orang, termasuk sopir, dipastikan terluka parah. Sementara Anadolu mengatakan ada 11 orang korban luka yang dibawa oleh ambulans ke rumah sakit terdekat. (Reuters/The Epoch Times/waa)

Video Rekomendasi :

Video Pilihan :

Share

Video Popular