Erabaru.net. Dengan perawatan medis dan deteksi dini, kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling bisa diobati. Namun, 50 dari setiap 100.000 orang penduduk Indonesia terkena penyakit ini. Sementara itu, kanker payudara termasuk dalam 10 penyebab kematian terbanyak pada perempuan di Indonesia dengan angka kematian 21,5 per 100.000 penduduk. Komunitas medis berharap untuk mengurangi jumlah itu. Penelitian menunjukkan bahwa membuat perubahan gaya hidup sederhana dapat sangat mengurangi risiko kanker payudara Anda.

(Foto: Masterfile)

Berolahraga

Bukan rahasia bahwa olahraga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Olahraga diketahui dapat mengurangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kadar lemak tubuh. Ketiga manfaat ini dikaitkan dengan risiko lebih rendah untuk kanker payudara. Penelitian dari studi 2015 menunjukkan bahwa sekitar 300 menit aktivitas fisik per minggu sangat ideal untuk pencegahan kanker payudara.

(Foto: Houston Lifestyles & Homes)

Batasi minuman beralkohol

Alkohol diketahui dapat meningkatkan kadar estrogen. Ketika kadar estrogen meningkat ke tingkat yang berbahaya, risiko Anda untuk kanker payudara menjadi jauh lebih besar. Meskipun beberapa minuman terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan jantung, sebuah studi 2015 yang diterbitkan oleh BMJ menemukan bahwa satu minuman per hari dapat meningkatkan risiko seorang wanita terkena kanker payudara hingga 13%.

(Foto: BBC)

Kurangi asupan lemak

Jumlah ideal lemak dalam makanan kita adalah subjek yang sangat diperdebatkan. Dalam hal penelitian kanker, penelitian menunjukkan diet rendah lemak dapat menurunkan risiko Anda untuk kanker. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan rendah lemak yang mengandung produk dan biji-bijian memiliki risiko 22% lebih rendah untuk kanker payudara. Wanita yang mengikuti diet ini cenderung menurunkan berat badan juga, yang juga dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih rendah.

(Foto : Medical News Today)

Jauhi merokok

Kita semua tahu merokok tidak baik untuk siapa pun. Kanker paru-paru hanyalah salah satu dari banyak bentuk penyakit yang dihubungkan dengan rokok. Merokok di awal kehidupan juga dapat dikaitkan dengan kanker payudara karena cara karsinogen rokok mengubah jalur hormon selama perkembangan payudara pada anak perempuan.

(Foto: Find A Top Doc)

Makan makanan tinggi serat

Serat seperti pahlawan super untuk tubuh Anda. Dengan membantu segala hal, mulai dari pencernaan hingga kolesterol dan manajemen berat badan, pola makan tinggi serat memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh BMJ menunjukkan bahwa wanita yang makan 3 porsi buah yang dipenuhi serat ketika mereka remaja memiliki risiko 25% lebih rendah untuk mengembangkan kanker payudara saat dewasa.(yant)

Sumber: icepop.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds